Diikuti Dua Pabrikan Mobil, Indonesia Electric Motor Show 2023 Fokus Riset untuk Masa Depan

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 23/Sep/2023 08:00 WIB
Pameran Indonesia Electric Motor Show kembali diadakan di tahun 2023, mengangkat tema riset untuk masa depan lebih baik. Pameran Indonesia Electric Motor Show kembali diadakan di tahun 2023, mengangkat tema riset untuk masa depan lebih baik.

SoundandMachine.com (Bogor) - Indonesia Electric Motor Show (IEMS) kembali digelar pada tanggal 20-23 September 2023 di Cibinong Science Center, Bogor, Jawa Barat. Tahun ini, IEMS diadakan dengan konsep yang berbeda dibanding tahun lalu.

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

IEMS 2023, yang merupakan acara besutan Badan Riset Nasional (BRIN) tersebut diadakan bersamaan dengan Indonesia Research and Innovation Expo (Inari) 2023, sesuai dengan tema research and innovation for better future.

“Kita ingin membuatkan sebagai acara untuk masyarakat, supaya paham karena Iptek ada di mana-mana, riset itu penting, tapi banyak yang gak paham itu seperti apa. Jadi ini adalah kesempatan untuk merasakan Iptek, riset, dan inovasi di dalam kehidupan sehari-hari.” buka Laksana Tri Handoko, Kepala BRIN kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (20/9/2023).

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Meski berstatus sebagai pionir atas pameran kendaraan listrik di Indonesia, IEMS 2023 untuk pabrikan mobil hanya dihadiri 2 merek saja, yaitu Honda dan Wuling.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

Partisipasi dalam ajang IEMS 2023 merupakan lanjutan dari visi elektrifikasi Honda, setelah meluncurkan produk berbasis baterai yaitu All New Honda CR-V RS e:HEV di GIIAS 2023.

Untuk IEMS 2023, Honda hanya display mobil listrik produksi Honda e, dan mobil listrik prototipe N-Van. 

“Dalam IEMS 2023 kali ini, Honda memperkenalkan teknologi mobil listrik yang dimiliki oleh Honda saat ini, sekaligus menunjukkan dukungan terhadap elektrifikasi di Indonesia melalui aktivitas riset dan studi yang sedang dilakukan saat ini.” kata Yessy Anastasia, PR & Event Dept. Head PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek (APM).

Sementara untuk Wuling, keikutsertaan di IEMS 2023 merupakan langkahnya sebagai produsen EV untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Oleh karena itu, selain display mobil listrik Wuling Air EV, juga menyediakan unit test drive di IEMS 2023.

“Langkah ini juga menjadi bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mempercepat elektrifikasi kendaraan di Tanah Air, yang kami wujudkan dengan menghadirkan kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia, Air ev, di IEMS.” jelas Diah Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors selaku APM.

Dengan hanya dihadiri 2 brand untuk pabrikan mobil, pengadaan IEMS diharapkan memiliki dampak positif bagi perekonomian di Indonesia, dengan riset untuk pengembangan produknya.

“Semoga saja akan terjadi eksplorasi jejaring antar pihak yang akan memberikan efek positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.” pungkas Damar Rusli, Project Manager Murtila Promosindo selaku promotor. (Joule)