Diadakan Bareng Empat Event, Perhelatan Indonesia Diecast Expo 2023 Gencarkan Kolaborasi

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 13/Okt/2023 16:00 WIB
Ilustrasi perhelatan Indonesia Diecast Expo (IDE). Ilustrasi perhelatan Indonesia Diecast Expo (IDE).

SoundandMachine.com (Jakarta) - Perhelatan miniatur Indonesia Diecast Expo (IDE) akan diadakan pada tanggal 28-29 Oktober 2023 di Hall 8 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Perhelatan IDE kali ini diadakan bersamaan dengan 4 event, yaitu Motobuiltfest, Indocomtech, Indonesia Motorcycle Show (IMOS), dan Pesta Warga bapak2id, di waktu dan lokasi yang sama.

Baca Juga:
Apresiasi Mobil Keluaran Lama, Wadah Otomotif Eurohauz Ajak Run dan Sarapan Bersama

Motobuiltfest merupakan perhelatan modifikasi sepeda motor besutan Pasar Jongkok Otomotif (Parjo), Indocomtech merupakan pameran produk informasi dan teknologi, IMOS merupakan pameran sepeda motor, dan Pesta Warga bapak2id merupakan festival keluarga.

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

“Di hari yang sama, hall samping kita ada beberapa kegiatan. Ini segmennya menurut kami sama dengan IDE.” buka Arya Lembana, Ketua Panitia IDE 2023 kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers di Senayan Park, Jakarta (12/10/2023). 

Sekedar informasi, keempat event tersebut waktu pengadaannya bertepatan dengan IDE 2023, yaitu 28-29 Oktober 2023 untuk Motobuiltfest dan Pesta Warga Bapak2Id, serta 25-29 Oktober 2023 untuk IMOS 2023 dan Indocomtech.

Baca Juga:
JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

Tentunya keempat event tersebut juga semuanya diadakan di ICE BSD, tepatnya Hall 9 untuk Motobuiltfest, Hall 10 untuk IMOS 2023,hall 7 untuk Indocomtech, hall 6 untuk Pesta Warga bapak2id.

“Kami berekspektasi akan ada cross-visitor di acara IDE. Itu juga menjadi satu hal menarik untuk menjadi target visitor kami.” jelas Arya.

Sementara untuk acara IDE-nya sendiri, lebih gencar berkolaborasi dengan pabrikan miniaturnya langsung yaitu Hotwheels dan Mini GT dalam pembuatan diecast yang dibuat khusus acara, atau event car.

Pertama, ada Nissan Skyline GT-R yang dijual sebanyak 200 pcs saja, dan telah dikonfirmasi bahwa diecast tersebut dibuat di pabrik Hotwheels.

“Akan ada 200 pcs khusus event car IDE X dan resmi diproduksi pabrikan. Bagaimana mendapatkannya, berapa harganya, ikuti di sosial media kami, karena masih digodok lagi mekanismenya.” tambah Arya.

Selain itu, untuk event car dengan detail lebih mendekati aslinya, ada miniatur Nissan Silvia S15 Liberty Walk milik Garasi Drift yang mobil sungguhannya diluncurkan di perhelatan Indonesia Modification Expo 2023, dan dijual sebanyak 3.000 pcs.

“Begitu mereka kasih lihat desain mobilnya Silvia kolab dengan LBWK, saya langsung menjawab, Garasi Drift akan bikin itu. Terus saya kontak Garasi Drift, kebetulan bikin mobilnya sama, terus saya kontak Mini GT di Hong Kong, mereka mau bikin mobil yang sama.” jelas Vero Sahetapy, Chief Executive Officer IDE mewakili principal Mini GT di konferensi pers.

Untuk acara IDE 2023 sendiri akan dihadiri lebih dari 30 brand eksibitor, lebih dari 60 penjual tradisional, 13 tenant makanan dan minuman, lebih dari 40 komunitas, dan menargetkan lebih dari 13.000 pengunjung dengan harga tiket masuk Rp. 50.000,-.

Dengan situasi dan kondisi seperti ini, diperkirakan IDE 2023 akan berjalan lebih meriah karena adanya beberapa event di sekitar dengan segmen yang sama, serta event car dari hasil kolaborasi dengan produsen miniaturnya langsung. (Joule)