Diikuti Banyak Instalatur Audio Mobil Ternama, EMMA Asian Finals 2023 Kembali Diadakan di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 01/Des/2023 14:00 WIB
Perhelatan European Mobile Media Association (EMMA) Asia Finals 2023 di QBig BSD, Tangerang. Perhelatan European Mobile Media Association (EMMA) Asia Finals 2023 di QBig BSD, Tangerang.

SoundandMachine.com (Tangerang) - European Mobile Media Association (EMMA) kembali mengadakan kompetisi modifikasi car audio EMMA Asian Finals di Indonesia, pada tanggal 29 November 2023 di QBig BSD, Tangerang.

EMMA Asia Finals merupakan seri kompetisi car audio tingkat Asia, dimana untuk tahun ini menantang para pemilik mobil dengan modifikasi car audio dari Taiwan, Filipina, Vietnam, Thailand, Indonesia, dan Malaysia, untuk diadu hasil penilaiannya.

Baca Juga:
Apresiasi Dealer dan Pelanggan Audio Mobil, Audioworkshop Gelar Kompetisi AWS Premiere Sound League

Indonesia merupakan seri kelima setelah Thailand pada tanggal 26 November 2023, dari seri pertama di Taiwan pada tanggal 19 November 2023, Filipina pada tanggal 24 November 2023, dan Vietnam pada tanggal 24 November 2023.

Baca Juga:
Diikuti Banyak Peserta dari Instalatur Ternama, EMMA Gelar Seri Ke-7 Kontes Car Audio Musim 2023-2024

“EMMA Asia tahun ini mungkin negaranya gak sebanyak tahun sebelumnya, kita ada 6 negara di tahun ini. Sebelumnya 9 negara, yang absen ada Singapura, China, dan Jepang.” buka Robert Adrianto, Presiden EMMA Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (29/11/2023).

Baca Juga:
Gaet 300 Peserta, Final Kompetisi Audio Mobil Amoplus Sound Competition 2023 Jaring Wajah Baru

EMMA Asia Finals diikuti oleh 48 peserta dari Indonesia, untuk memperebutkan gelar juara dari 24 kategori, yang terdiri dari 12 kategori Sound Quality (SQ), 4 kategori brand, 5 kategori EMMA Sound Quality League (ESQL), dan EMMA Sound Pressure League (ESPL).

Akan tetapi, agar bisa menembus EMMA Asia Finals, sebelumnya para peserta harus memenangkan beberapa Heat atau seri kontes sampai poinnya mencukupi untuk berpartisipasi.

“Kalau poinnya mencukupi untuk mendapatkan tiket, mereka gak perlu ikut semua heat. (Poinnya berapa) Tergantung kuota sama jumlah peserta.” jelas Robert.

Menariknya, 48 peserta tersebut berasal dari instalatur top di Indonesia, yaitu BestBuddyShop Sunter, BestBuddyShop Surabaya, AJM Audioworks, Concerto Surabaya, FI Audio, Yuro Auto, dan masih banyak lagi.

Untuk EMMA Asia Finals 2023 ada kategori Brax Presenters Cup,. Helix Presenters Cup, Focal Sound Meeting, dan Alpine Sound Race, dimana agar berpeluang mendapatkan kategori tersebut, para peserta harus produk dari brand tersebut, antara speaker dan processor.

“Mereka mempersyaratkan brand yang digunakan harus brand mereka. Unlimited, no budget.” kata Robert.

Dari seri pertama hingga terakhir, para peserta akan dijurikan oleh juri yang sama tetapi dari negara berbeda, yaitu 2 juri dari Indonesia, 1 juri dari Thailand, 2 juri dari Filipina, 2 juri dari Taiwan, 1 juri dari Malaysia, 1 juri dari Rusia, dan 1 juri dari Norwegia..

Kevin dan Deddy dari Indonesia, Thodsawat dari Thailand, Ah Hwee dari Malaysia, Hong Yi dan Tony dari Taiwan, Gennady dari Rusia, Ketil dari Norwegia, dan Jino serta Diyoy dari Filipina.

Untuk hasil baru bisa diungkap di seri terakhir EMMA Asia Finals di Malaysia pada tanggal 2 Desember 2023. Setelah dewan juri selesai melakukan penjurian para peserta EMMA Asia Finals di Malaysia, hasilnya akan diadu dengan peserta dari seri sebelumnya. 

Good luck untuk Indonesia! (Joule)