Tweeter Baru Bikin Suara Lebih Kuat, Focal Luncurkan Speaker Set K2 Power Generasi Keempat

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 02/Janu/2024 10:00 WIB
Speaker 3-Way Focal K2 Power generasi keempat ES 165 KX3E (sumber: Focal) Speaker 3-Way Focal K2 Power generasi keempat ES 165 KX3E (sumber: Focal)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Baru-baru ini Focal melakukan pergantian generasi untuk lini produk speaker ikoniknya, yaitu K2 Power. K2 Power, yang kini berada di generasi keempat, improvisasinya lebih fokus di sektor detail, namun perbedaan efeknya kentara.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Speaker 2-Way Focal K2 Power ES 165 KX2E (sumber: Focal)

Perubahan tersebut ditandai dengan penambahan huruf “E” untuk produk speaker yang non-slim, seperti sistem 2-way ES 165 KX2E dan sistem 3-way ES 165 KX3E, yang keduanya adalah produk awal masuknya K2 Power generasi baru di Indonesia.

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Namun lebih dari sekedar nama, kedua speaker tersebut kini dilengkapi tweeter yang sangat berefek pada perubahan kualitas suara.

”Perbedaan maximum power karena dia  menggunakan tweeter baru.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop (AWS) selaku distributor Focal kepada SoundandMachine.com dalam sebuah meeting via Zoom (13/9/2023).

Baca Juga:
Pakai Produk Audison, Toyota Fortuner Ini Konsisten Upgrade Audio dari Simpel Sampai High End

Tweeter FRAK Focal K2 Power generasi keempat (sumber: Focal)

Tweeter Focal K2 Power generasi keempat mengusung jenis FRAK yang bisa menjadi full-range, dan sama persis dengan Focal K2 Power M setelah dikonfirmasi melalui website resmi.

Mengenai spesifikasi, tweeter tersebut memiliki nominal power 25 Watt dan Maximum Power 150 Watt, lebih besar dibanding tweeter TKMX di K2 Power sebelumnya, yaitu nominal power 20 Watt dan maximum power 120 Watt.

Tweeter TKMX Focal K2 Power generasi ketiga (kiri) dan FRAK Focal K2 Power generasi keempat (kanan) (sumber: Focal)

Selain itu, dengan tweeter FRAK membuat frequency response K2 Power generasi keempat menjadi 600 Hz hingga 32 kHz, sementara generasi sebelumnya berada di rentang 45 Hz hingga 22 kHz.

Begitu juga sensitivity-nya, tweeter FRAK di K2 Power generasi keempat sebesar 91 dB, sementara TKMX di K2 Power sebelumnya sebesar 93 dB.

Passive Crossover Focal K2 Power generasi keempat (sumber: Focal)

Tweeter baru tersebut juga membuat perbedaan di komponen seperti, “Passive-nya beda.” jelas Wahyu.

Menariknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang perilisan K2 Power Generasi Keempat lebih awal, bahkan sudah lebih dulu diungkap kepada para dealer sebelum diumumkan di website resmi Focal pusat pada tanggal 31 Oktober 2023 setelah mendapatkan izin.

“Ini terjadi karena kita punya order untuk KX3 lama, demikian banyaknya, publik sudah tidak punya, akhirnya mau tidak mau kirim. KX3 lama udah gak ada. K2 Power M itu line-up terbesar, tapi KX3 lama akan menjadi ini.” pungkas Wahyu. (Joule)