OEM-nya Unik, Speaker 2-Way Hertz K 130 Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro Mercedes 280 GE

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 11/Feb/2024 18:00 WIB
Mercedes-Benz 280 GE yang sudah upgrade audio dengan speaker 2-Way Hertz K 130. Mercedes-Benz 280 GE yang sudah upgrade audio dengan speaker 2-Way Hertz K 130.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Mercedes-Benz G-Class merupakan mobil yang generasi lamanya kian diminati para penggemar otomotif, terutama kode W460 keluaran tahun 1979 hingga 1992.

Meski mobil retro, ternyata cukup potensial untuk upgrade audio OEM style yang relatif menjaga orisnalitas, salah satunya terlihat dari mobil milik pelanggan gerai Sterindo Autosound, yang ingin upgrade audio Mercedes-Benz 280 GE W460 lansiran tahun 1979-1992.

Baca Juga:
Andalkan Produk Hertz, Gerai Audio BestBuddyShop Surabaya Tembus EMMA Asia Finals 2023

Untuk speaker, produk yang direkomendasikan oleh Sterindo Autosound adalah Hertz K 130 dengan sistem 2-way.

Baca Juga:
Spek Kompetisi untuk Daily, Niki Motor Upgrade Audio Ford Fiesta Andalkan Seri Tertinggi Hertz

Gerai Sterindo Autosound kedapatan pelanggan yang ingin upgrade audio Mercedes-Benz 280 GE W460 lansiran tahun 1979-1992, dan speaker 2-Way Hertz K 130 menjadi salah satu produk yang direkomendasikan.

“Kita punya rekomendasi.” buka Sandy Wuntoro, Instalatur Sterindo Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (2/2/2024).

Baca Juga:
Langka di Indonesia, Sterindo Upgrade Speaker 2-Way Hertz K 130 di Honda Civic Type R EK9

Speaker tersebut dilengkapi lensa akustik annular yang dioptimalkan untuk off-axis agar memastikan stereo yang akurat.  Kemudian woofer berukuran 5 inci dilengkapi kerucut kertas padat dengan busa di sekelilingnya, untuk SPL tinggi dan bass yang solid.  

Kumparan suara woofer 25 mm digerakkan oleh magnet ferit dengan kepadatan fluks tinggi, membuat power handling-nya sangat dinamis untuk suara yang kuat dan tidak terdistorsi.

Crossover 6dB/Oktober terintegrasi pada kabel tweeter memudahkan instalatur untuk upgrade dengan instalasi penempatan OEM. K 130 Uno dilengkapi tweeter Neodymium diafragma 24 mm dengan kubah PEI, untuk kualitas suara frekuensi tinggi lebih baik meski berukuran mungil.

Namun hal terpenting adalah speaker tersebut cocok untuk upgrade audio 280 GE, dengan OEM yang cukup unik. Seperti dudukan speaker bawaan berada di dekat pintu, bukan di pintu seperti mobil pada umumnya. “Tempat standar semua itu.” jelas Sandy.

Untuk tweeter, hanya memanfaatkan dudukan dari Hertz-nya, kemudian diletakkan di atas dasbor untuk staging depan, dan di sudut langit-langit untuk staging belakang.

Selain 280 GE, Sterindo Autosound sudah memasang speaker ini di berbagai mobil retro, seperti Honda Civic Type R dan Jeep Wrangler. (Joule)