MODIFIKASI MESIN MAZDA RX 8 MAKIN SIP DENGAN TURBOCHARGER

  • Oleh :

Senin, 27/Jul/2015 11:10 WIB


Modifikasi mesin dengan aplikasi turbocharger tetap menjadi satu pilihan untuk membuat tenaga mesin lebih agresif buat harian, bahkan saat mencoba drag race mampu menjadi juara 1 di kelas 16 detik.

2Modifikasi mesin Mazda RX8 asal kota Palembang ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi soal performanya. Oleh Hendra, mobil besutan hariannya ini sudah mengalami modifikasimesin yang bisa bikin adrenalin meningkat, dan semua ubahan mesinnya dipercayakan sepenuhnya pada bengkel Abunawas Technica.Sonny, mekanik andalan dari bengkel Abunawas Technica berhasil membuat tenaga mesin mobil ini mengalami peningkatan yang signifikan dan sesuai untuk performa harian. Pertama yang dilakukan untuk mengeksplorasi tenaga mesinnya, Sonny terlebih dahulu membenahi jeroan mesin agar mendapatkan hasil ubahan yang maksimal.Pada lini jeroan mesin, Apex Seal pada rotor dalam mesin langsung diganti menggunakan produk high performa dari brand Esmeril Racing. Tentunya langkah porting dan polish (PnP) juga jadi salah satu yang dilakukan oleh Sonny untuk membuat tenaga mesin meningkat. Tapi PnP bukan akhir dari proses modifikasi mesin RX8 berkelir merah marun ini.
3Cekoki Turbocharger Mazda RX7
Pengaplikasian turbocharger pun tetap dilakukan untuk mengail tenaga makin sip lagi. Turbochargernya pakai kepunyaan Mazda RX7 seri 5, terang Sonny. Dengan mengenal karakter mesin rotary dari Mazda RX8 dan pertimbangan untuk pemakaian harian, melalui aplikasi ECU Haltech Platinum Series settingan turbo boost dengan pemakaian bensin Pertamax sengaja dibuat hanya 0.5 bar saja.5Memaksimalkan dan menjaga kinerja turbocharger, HKS blow-off dan intercooler Toyota telah terpasangkan menjadi bagian dari mesin. Sistem suplai bahan bakar otomatis harus mengalami perubahan, untuk itu injector 750 cc Denso difungsikan agar proses pembakaran bensin makin sempurna menyesuaikan kebutuhan mesin yang kian bertenaga. Throttle body S90 juga dipasang menggantikan peran throttle body bawaan mesin karena dirasa sudah tidak sesuai lagi.modifikasiDengan modifikasimesin dan settingan tersebut, Mazda RX8 yang sudah menggunakan bodykit custom Veilside ini berhasil memiliki tenaga 198 WHP saat dyno test di KS Nusa, Jakarta, dan itu berarti tenaga mesin meningkat sekitar 78 WHP dari standarnya yang hanya sekitar 120 WHP.Lebih sip nya lagi, saat mencoba ikutan event drag race 2015 seri 1 di sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat pada 18-19 April lalu, Mazda RX8 garapan bengkel yang punya markas di bilangan Pamulang, Tangerang Selatan ini berhasil jadi juara 1 di kelas 16 detik. Mantap Tuan..!Mobil : Mazda RX 8Workshop / Mekanik : Abunawas / SonnyOwner : Hendra Teddy. GModifikasi:Eksterior :Body Custom VeilsideKaki-kaki :Auto Exe Adjustable Shock. Velg : Exe Pegasus 20Mesin :Apex Seal Esmeril Racing. Street Porting and Polish. Heavy Duty Clutch & Plate. Mazda RX7 Turbo charger. HKS Blow-off. Toyota Intercooler. Denso 750 cc Injector. S90 Throttle Body. Custom Header. Custom Radiator

Tags :