MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA ALL NEW JAZZ : HANYA INGIN PAKAI DOMINATIONS

  • Oleh :

Jum'at, 27/Nov/2015 15:05 WIB


Meski mengusung konsep modifikasi audio mobil SQL, tak hanya speaker belakang yang jadi prioritas, speaker depan tetap diperhatikan untuk memberikan kualitas suara audio mobil mumpuni di dalam kabin. Instal produk full Dominations pun jadi kunci memperoleh suara yang berkualitas sesuai yang diinginkan owner Honda All New Jazz berkelir kuning ini.

All-New-Jazz_CAS-JesiJessica yang berdomisili di Nusa Tenggara Timur ini telah dibantu saudara sepupunya di Jakarta membawa Honda All New Jazz miliknya langsung ke workshop CAS (Car Audio Specialist) untuk modifikasi sistem audionya.Instalasi Sound Quality Loud (SQL) dengan packaging kosmetikal menjadi konsep dasar modifikasi sistem Audio mobilnya, tapi Jessica ingin menambahkan pengaplikasian DJ TurnTable sebagai pelengkapnya. Awal datang ke toko, ownernya langsung mau sistem audionya pakai full produk audio mobil dari Dominations, cerita Rokhim, installer workshop CAS.

Custom 3 Way

All-New-Jazz_CAS-front-cabinMeski modifikasi sistem audionya mengusung konsep SQL, speaker depan tetap diperhatikan untuk memberikan kualitas suara sound quality (SQ)di dalam kabin. Pioneer AVH-X4750DVD langsung dijadikan sebagai head unit utamanya.All-New-Jazz_CAS-HUMenggunakan pilar A custom, Rokhim memasangkan speaker sistem 3 way hasil product match dari 2 line-up speaker Dominations, yaitu Speaker 2 way RS 60 yang digabungkan dengan midrange Srikandi. Midbass dari RS 60 yang memiliki konus transparan jadi pilihan tepat mendukung sistem kosmetikal, karena dibelakang konus bisa ditambahkan aplikasi lampu LED.All-New-Jazz_CAS-speaker-depanSebagai cara mendapatkan suplai arus untuk kinerja speaker depannya, Rokhim menggunakan amplifier 4 channel RS 4500 yang juga dari Dominations, dengan begitu kualitas suara yang baik akan lebih mudah didapat.

Midrange 6 Inci dan Super Tweeter Untuk SQL

Mengadopsi konsep dasar sistem audio mobil beraliran SQL dengan instalasi kontes, ruang bagasi sudah tentu jadi sasaran untuk ruang instalasinya. Perangkat utama yang dipakai untuk kebutuhan SQL sudah tentu dari Dominations lagi sesuai yang diharapkan owner dari awal.All-New-Jazz_CAS-trunkUntuk mendapatkan output suara di rentang frekuensi tinggi dan menengah, line-up hi-end Dominations Racing Series, yakni super tweeter RS1 Pro dan midrange 6 inci RS6 Pro menjadi kekuatan andalan menghadirkan suara vokal yang detail serta tebal. Untuk kedua driver ini, juga digunakan satu unit amplifier 4 channel RS 4500 lagi.Agar mendapatkan geberan suara bass yang fleksibel untuk bisa memainkan karakter SQ tapi bisa mumpuni di SQL, dua unit subwoofer Dominations Disturbia 12 inci dipasangkan secara simetris dikanan dan kiri ruang bagasi.Sebagai penguat daya kinerja subwoofernya, amplifier monoblock Dominations RS 8001 menjadi produk kepercayaannya. Box subwoofer dikanan dan kiri bagasi dibuat ported dengan volumenya masing-masing 1 cu/ft, jelasnya.

DJ Turntable Install

Terakhir yang menjadi pelengkap serta membuat modifikasi sistem audio mobil semakin menarik dan sesuai dengan keinginan ownernya agar sistem audio mobilnya bisa terkoneksi dengan alat DJ Turntable, Rokhim langsung membuatkan dudukan custom serta wiring tersendiri yang terintegrasi dengan mixer untuk koneksi sistem plug and play.New-Jazz_CAS-trunk-dj-trunkSebagai finishing instalasi, dibagasi langsung dibalutkan material kulit sintetis yang senada dengan ubahan interior secara keseluruhan . Lampu LED juga menjadi bumbu tambahan yang membuat tampilan bagasi tampil menarik saat dibuka, terutama didalam ruangan yang minim cahaya ataupun malam hari.Masih bicara finishing, tuning suara menyeluruh tentunya juga dilakukan agar sistem audio mobil milik Jessica ini memperoleh karakter suara yang optimal sesuai konsep yang diusung. Speaker depan atas di Hpf 500hz, band pas midbass di 60 - 400hz, Untuk speaker belakangnya hpf di 80hz, lalu subwoofer low pass 100hz, tutup installer yang bermarkas di Mega Glodok Kemayoran ini.

Spesifikasi :

Head Unit : Pioneer AVH-X4750DVDSpeaker Depan :- Dominations RS60 2 Way- Midrange Dominations SrikandiSpeaker Belakang :- Tweeter Dominations RS1 Pro (1 Pair)- Midrange 6 Dominations RS6 Pro (1 Pair)Subwoofer : Dominations RS Disturbia (2 Unit)Amplifier :- 4 Channel Dominations RS 4500- Monoblock Dominations RS 8001

Tags :