MODIFIKASI AUDIO MOBIL MERCEDES BENZ STATION WAGON

  • Oleh :

Rabu, 03/Feb/2016 17:26 WIB


Instalasi tahap rookie tapi suara sudah oke, begitulah yang boleh dibilang soal sistem di mobil ini, pasalnya meski tanpa processor, instalasi sistem audio daily use yang terinstall didalam sudah mampu membuat telinga sang owner puas.

Sebagai penggemar audio mobil dengan aliran sound quality, Heru pemilik Mercy Station Wagon ini ogah main-main untuk urusan sistem audio di tiap besutannya. Baginya sistem audio mobil menjadi bagian penting untuk menambah kenyamanan dan salah satu pemuas hobi modifikasi yang telah lama mengalir dalam dirinya. Suka audio itu sejak tahun 2006, dulu maennya masih suka SPL, ungkap Heru.[caption id="attachment_7663" align="aligncenter" width="1024"]Audio Mobil Audio Mobil Mercy Station Wagon[/caption]Soal suara dan pattern-pattern sebuah sistem sound quality, Heru sudah memiliki tingkat kepahaman yang tidak bisa disepelekan. Makanya untuk pemilihan produk dan installernya, Heru tidak sembarangan, dan workshop Cartens Autosounds serta produk dari Flux pun menjadi kepercayaannya dalam mendapatkan instalasi dan suara sistem audio yang diinginkan.

Sistem Semi Aktif Non Processor

Lewat skill Eddie, installer dari Cartens Autosounds, sistem simpel berkonsep sound quality harian yang sesuai keinginan Heru mampu diwujudkan. Awalnya mobil ini pake sistem 2 way konsep SQL, instalasinya benar-benar bertahap dan sekarang setelah naik pakai sistem 3 way konsepnya jadi SQ cuma tetap settingannya masih bisa diubah ke karakter SQL, tambah Heru.[caption id="attachment_7660" align="aligncenter" width="1024"]Speaker Front Speaker Mercy Station Wagon[/caption]Karakter desain dasbor mobil yang pendek tidak menjadi kendala bagi Eddie untuk menyematkan speaker depan 3 way. Disini speaker 3 way Flux MC361 yang diberi peran sebagai speaker depannya. Pilar A custom sukses dibuat dengan desain yang tepat, sehingga penempatan tweeter dan midrange tidak mengganggu visibilitas berkendara.[caption id="attachment_7664" align="aligncenter" width="1024"]Mercy-Station-Wagon-Midbass Mid bass Mercy Station Wagon[/caption]Penempatan midbassnya tetap diposisikan pada doortrim pintu depan, dudukannya custom, asli tempat speaker standarnya kecil, paling 5 inci, pungkas Eddie, selaku sang installernya. Agar mendapat suara midbass yang solid dan bersih, di doortrim juga dipasangkan peredam tambahan. Karena masih untuk sistem harian, speaker belakang juga masih diaktifkan dan sudah menggunakan Flux SC26.Lama pengerjaan sistem 1 minggu dan masih untuk penggunaan harian belum untuk kompetisi, jadi belum pakai processor, sistem masih tahap rookie bro..Tweeter dan midrange speaker depan pakai crossover pasif bawaannya, midbass yang dibuat aktif. Untuk tuning suaranya masih manual, settingan juga masih minim lewat head unit, tambah installer yang juga punya hobi fotografi ini.

Bass Bertenaga, Bagasi Tetap Fungsional

Kebutuhan suara bass untuk di sistem audio mobil ini sudah mengandalkan subwoofer Xtant 12 yang ditempatkan di bagasi dengan box sealed yang dibuat sekitar 1.2 cu/ft. Suplai daya untuk subwoofernya ini sudah dihandle langsung oleh monoblock amplifier Flux FS 1000.1.[caption id="attachment_7665" align="aligncenter" width="1024"]audio mobil Audio mobil Mercy[/caption]Bicara tatanan desain kosmetikal di bagasinya, Eddie membuat desain yang simpel tapi tetap sedap dipandang dan tanpa merusak fungsionalitas bagasi. Hasil suara untuk harian tanpa processor sudah cukup memuaskan, kedepannya mau naik processor, karena ada rencananya mau ikut kontes EMMA, tutup Heru.

Spesifikasi :

Head Unit : Alpine CDE-137EBTSpeaker Depan : Flux MC361Speaker Belakang : Flux SC261Power Amplifier 4 Channel : Flux FS80.4Power Amplifier Monoblock : Flux FS1000.1Subwoofer : XTANT 12"Peredam : StPMobil : Mercedes Benz Station WagonOwner : HeruWorkshop : Cartens Autosounds Jakarta

Tags :