Modifikasi Audio Mobil Toyota Avanza : Bikin Mobil Kantoran Layak Kontes Hingga Jadi Juara

  • Oleh :

Senin, 19/Sep/2016 16:04 WIB


Tangerang, Soundandmachine.com - Menurut Mul Antono, selaku installer dari Simple Audioworkshop Tangerang, dua piala yang diletakan di bagasi waktu sesi foto, tidaklah pernah diharapkan ada. Loh Why? Karena waktu ikut kontes targetnya nggak muluk-muluk, lantaran Avanza milik customer bernama Mr Franky bukan mobil yang dikhususkan untuk kontes melainkan hanya mobil harian buat wara-wiri dari rumah ke kantor.

avanza-sq-simple-aws-2

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Ketika ujuk-ujuk si customer minta turun kontes, disitu Mul Antono menjadikannya sebuah tantangan. Beruntung perangkat audio yang digunakan sudah mendukung buat bertarung di ajang kontes. Maka saya harus berfikir ekstra untuk mensiasati supaya mobil kantoran bersuara layak kontes. Awalnya nggak muluk-muluk minimal nggak buncit aja sudah bersyukur. Eeh malah bisa dua kali naik podium di event CAN IIMS 2016 pada kelas SQ Prosumer 60jt dan runner up di kontes Media Audio by ARC, ungkap Mul Antono.

Peredaman Simple Saja

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Karena maksud dan tujuan awalanya diperuntukan sebagai mobil harian ke kantor, Avanza Mr Franky tidak ekstra seperti ketika Mul Antono membangun mobil kontes. Predaman pada mobil Avanza Mr Franky ini cukup simple untuk taraf kontes, hanya di pintu depan kiri kanan dan pintu bagasi, Jelas Installer ceria ini.

avanza-sq-simple-aws-10

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Speaker 3 Way, 1 Subwoofer, dan 3 Power

Head unit dari brand Alpine siap menelan CD kompetisi untuk memulai penjurian. Sementara Formasi speaker 3 Way lansiran Dominations jadi garda terdepan untuk mencover nada tinggi,menengah, hingga rendah.

avanza-sq-simple-aws-5

Speaker yang saya gunakan adalah 100% Indonesia, apalagi kalau bukan Dominations. Pada Tweeter menggunakan Dominations ES 61, Midrange Dominations Srikandi, Midbass Dominations ES 61. Tak lupa dalam installasi disertakan dengan treatmen khusus dibagian pilar dan doortrim tempat midbass, ujar Mul Antono.

avanza-sq-simple-aws-3

Untuk menyokong tenaga speaker 3 Way, Mul Antono mengandalkan 2 unit power Dominations dengan total jumlah 8 channel, power Dominations RS 4300 4 channel saya tugaskan untuk mendrive tweeter dan mid range, sementara RS 4300 4 channel yang satu lagi di bridge buat midbass, terang Mul Antono.

avanza-sq-simple-aws-9

Untuk mengalunkan nada low bass yang di inginkan regulasi kontes, ditugaskan kepada subwoofer Dominations D230 MKII dengan rumahnya boks sealed dan power monoblock. Dengan tipe boks sealed bervolume 26 liter menghasilkan bass gesit, ucap Mul Antono.

avanza-sq-simple-aws-7

avanza-sq-simple-aws-8

Suara Diolah Dengan Processor Eksternal

Ketika sistem sudah terbangun dengan rapih, tinggal melakukan sentuhan akhir dengan menggunakan processor eksternal, disini skill Mul Antono mulai bekerja. Perpaduan antara kemampuan mendengar dengan kuping dan hati serta mengoprasikan processor merupakan kunci sukses mobil ini menjadi juara.

avanza-sq-simple-aws-4

Dengan processor saya dapat mengatur cut frequensi, equalizer, time aligmen untuk menentukan staging imaging, ujar Mul Antono, yang tergabung dalam tim kontes Anjrit Audio Club.

Prestasi:Juara 3rd CAN Prosummer 30 Juta IIMS 2016Juara 2 Media Audio Special Class PS8 ARC 2016Spesifikasi:
  • Head Unit: Alpine CDA 9887
  • Processor: ARC PS8
  • Front Speaker:Tweeter ES 61 Dominations,Midrange Dominations Srikandi.Midbass ES 61 Dominations
  • Amplifier:Dominations 4 channel RS 4300 (2 Unit), Dominations Monoblok RS 5000D (1 Unit)
  • Subwoofer: Dominations D230 MKII (1 Unit)
  • Wiring: Pith And Timbre by Dominations (full)
  • Sound Damping: Visel + STP Alumunium

Tags :