Tips Memilih Speaker, Yang Penting Enak Didengar

  • Oleh :

Sabtu, 27/Jun/2020 23:59 WIB


Soundandmachine.com - Ketika hendak memodifikasi audio mobil, patut diingat bahwa speaker berperan penting dalam meningkatkan kualitas suara, tetapi memilih speaker tidak bisa sembarangan apalagi terpaku dengan penampilan padahal sebagai bagian dari sistem audio tentu esensinya adalah enak didengar.

Setidaknya ada beberapa tips memilih speaker sebelum memutuskan untuk membeli, terutama untuk yang sangat awam.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Pertama, mintalah kepada penjual agar mengetesnya terlebih dahulu dan konteksnya adalah kualitas suara, apakah cocok atau tidak. Mulai dari sini sebaiknya ke bengkel audio yang menyediakan sampel atau barang contoh speaker tanpa tuning. Mengapa demikian?

"Kita jangan percaya 100% apa katanya penjual" buka Maslim Djanuanto, importir VOX Research. " Cuma yang tidak bisa dibohongi adalah walaupun awam, tetapi kita dikaruniai telinga agar bisa mendengarkan" tambahnya.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Mengetes suara dari speaker memang sangat esensial, tetapi jangan lupa pihak penjual memiliki batasan. Oleh karena itu sebelum memulai modifikasi audio sebaiknya memahami betul potensi antara audio mobil bawaan dan situasi dan kondisi kalian soal audio seperti misalnya selera musik, daerah biasa dikendarai, dan sebagainya karena akan menentukan langkah modifikasi audio nantinya.

Setelah memahami potensi audio mobil, barulah memilih speaker yang cocok dengan mobil tersebut. Selain jangan terpaku dengan penampilan, jangan terpaku juga dengan harga karena yang terpenting adalah kecocokan. Alasannya adalah,

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

"Speaker mahal selain bahan-bahan yang kita beli itu apa? Filosofi dari desainernya kalau berbicara barang-barang high-end." ujar Maslim. "Dia punya karakter sendiri untuk mendesain." tambahnya. (Joule)

Tags :