Modifikasi Audio Suzuki Jimny, Upgrade Audio Sepaket Interior!

  • Oleh :

Sabtu, 11/Jul/2020 15:28 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Sistem audio bawaan pabrik kerap kurang memuaskan konsumen dan Taufik merupakan salah satu dari mereka. Bagaimana tidak, mobil yang dimiliki Taufik rata-rata sudah upgrade sistem audio, termasuk Jimny barunya.

Taufik menginginkan upgrade audionya bukan hanya berfungsi dengan baik tetapi juga memiliki tampilan yang simpel dan elegan, Oleh karena itu Taufik menyerahkan upgrade audio-nya ke Cartens Autosound & Sound Proofing di daerah Jl. RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Hasilnya setelah dimodifikasi, upgrade audio tersebut terkesan sepaket dengan upgrade interior karena bukan hanya audionya yang lebih baik, tetapi juga penampilan interiornya berkat desain dan pengerjaan rapi layaknya buatan pabrik.

"Posisi midbass harus terlihat rapi dan penempatan subwoofer yang terintegrasi di pintu bisa terlihat lebih orisinil." ujar Eddie Soesanto, pemilik Cartens Autosound & Sound Proofing sekaligus instalatur.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Untuk upgrade audionya sendiri, 2 speaker Focal Utopia 165W-XP dipasang di pilar depan dan subwoofer audison prima 10 dipasang di semua pintu. Ditambah amplifier GZUA 4150 SQX dan 1,5 KSPL dengan prosesor GDSP 4-8x serta kabel Ramm yang diletakkan di bawah jok depan sehingga terlihat lebih rapi dan kalau tidak jeli betul akan mengira tidak ada upgrade.

Audio system tersebut dioperasikan melalui head unit Pioneer DMH-ZS8250BT lengkap dengan kamera mundur beserta remote untuk pengoperasian dan terdapat controller di dekat starter.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

"Setingan harian bisa untuk lagu-lagu pop top 40 dengan detail suara jelas dan bass yang solid." ujar Eddie.

Setelah sesi pemotretan dan sambil berjalan ke Cartens, kami merasakan suara audio yang lebih baik ketika audio system tersebut memutarkan lagu Ari Lasso. Semua elemen musiknya terdengar jelas dan juga sesuai dengan karakteristik lagunya.

Upgrade audio tersebut membuat interior juga turut ter-upgrade dari adanya bahan soft-touch dan jahitan asli di tengah ramainya material plastik pada Jimny. Kesan "tempur" Jimny di interior jadi berkurang sehingga lebih cocok untuk pemakaian perkotaan dan kami bisa bilang upgrade audio-nya masih selaras dengan konsep "professional tools"-nya Jimny. (Joule)

Tags :