World Premiere Nissan Ariya; Babak Baru Mobil Listrik yang Serba Jepang!

  • Oleh :

Rabu, 15/Jul/2020 19:14 WIB


Soundandmachine.com (Yokohama, Jepang), 15 Juli 2020 - Nissan secara resmi memperkenalkan mobil listrik (EV) terbarunya yaitu Nissan Ariya.

Kehadiran Ariya yang world premiere di Jepang tersebut merupakan babak baru bagi Nissan semenjak langkah besar dalam transformasi ketika Nissan memfokuskan kembali pada kekuatan utama seperti EV dan SUV sebagaimana jenis mobil Ariya.

Baca Juga:
Saling Mengisi, Nissan Kembali Memakai Pembalap yang Sama di Formula E

Nissan Ariya membuka babak baru dalam sejarah kami saat kami memulai perjalanan transformasi dalam bisnis, produk, dan budaya kami, kata Makoto Uchida, Chief Executive Officer Nissan.

Logo Nissan Baru (dok. Nissan)
Logo Nissan baru di Nissan Ariya (foto: Nissan)

Babak baru tersebut benar-benar dari apa yang dimiliki Ariya dimulai dari mobil produksi Nissan pertama dengan logo baru yang melambangkan dedikasi untuk terus berinovasi bagi pelanggan generasi baru. Logo baru tersebut akan dipasang di mobil Nissan berikutnya ketika diperkenalkan atau disegarkan.

Baca Juga:
Unik nan Memikat, Nissan Kicks e-POWER Mendapat Good Design Award

Eksterior Nissan Ariya (foto: Nissan)

Ariya memakai bahasa desain baru Nissan yaitu "Timeless Japanese Futurism" dengan 3 kata kunci yaitu sleek, sexy, dan seamless untuk mengkomunikasikan bagaimana EV dipasangkan dengan kemampuan mengemudi yang canggih sehingga menawarkan perspektif baru untuk desain, fungsi, dan pengalaman kepemilikan.

Berdasarkan kata "iki", Ariya mencirikan sifat chic, mutakhir, seamless, elegan, dan segar dengan perisai. Oleh karena itu desain Ariya dibuat se-"forms follow function" mungkin dan penampilan yang benar-benar menyeimbangkan antara identitasnya sebagai EV babak baru dengan "sport" beserta "kemewahan" melalui elemen seni Jepang seperti pola "kumiko" dan warna two-tone "akatsuki".

Baca Juga:
Permintaan di Tiongkok Tinggi, Nissan Fokus Teknologi Andalan di Auto China 2020

Interior dirancang dengan cara paling efisien dan nyaman berdasarkan istilah Jepang "ma" yang mengacu pada bukaan spatiotemporal dengan dukungan platform EV terbaru. Komponen powertrain yang kompak dari platform EV terbaru Nissan menjadi keunggulan karena membuat lantai menjadi rata dan itu awal dari kabin terlega di kelasnya.

Alhasil interior dibuat seperti lounge cafe dengan dasbor minimalis nan artistik khas Jepang dan jok "zero gravity" yang membuat kabin lebih lega sehingga interior Ariya menjadi lebih ramah serta nyaman untuk pengemudi dan penumpang. Lebih lagi EV yang pada dasarnya bekerja dengan hening tambah hening dengan sejumlah insulator di baliknya.

ProPILOT Nissan Ariya (foto: Nissan)

Pengemudi akan lebih percaya diri dan rendah stres berkat driver assist canggih ProPILOT 2.0, ProPILOT Remote Park, dan fitur e-Pedal. Sistem Safety Shield Nissan seperti Intelligent Around View Monitor, Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking, dan teknologi Rear Automatic Emergency Braking membuatnya lebih aman.

Fitur Teknologi Nissan Ariya (foto: Nissan)

All-new human-machine interface membuat pengemudi atau penumpang dapt menggunakan ucapan natural untuk menyesuaikan pengaturan mobil berkat fitur Alexa Amazon. Pembaruan over-the-air firmware membuat Ariya terasa segar dan menarik.

Ariya meningkatkan kegembiraan berkendara, memastikan tingkat kenyamanan dan kepercayaan diri yang tinggi dan meningkatkan kegembiraan saat terhubung, ujar Ashwani Gupta, Chief Operating Officer Nissan.

https://www.youtube.com/watch?v=IYkLjcQP26M

Memperkuat eksistensi sebagai pelopor EV, Ariya memiliki performa kuat dan kapabilitas kendaraan tanpa emisi ke level baru melalui fitur engineering tercanggih yang Nissan pernah buat. Seperti sistem penggerak EV menggabungkan penyaluran daya, kemampuan pengisian daya, dan jangkauan yang sangat baik.

Pelanggan dapat memilih dari banyak konfigurasi untuk memenuhi kebutuhan masing-masing, seperti pilihan 2WD dan AWD e-4ORCE dan dua kapasitas baterai yang berbeda yaitu 65 kWh dan 90 kWh. Varian 2WD tersedia output 160-178 kW dengan torsi 300 Nm, sedangkan varian AWD tersedia output 250 kW dan 560 Nm serta 290 kW dan 600 Nm.

Sistem AWD e-4ORCE menyeimbangkan performa kuat dengan kemampuan menghadapi kondisi cuaca. Sistem 2-motor listriknya memberikan keseimbangan dan pengendaraan yang dapat diprediksi serta tenaga selevel sportscar.

Ariya merupakan bagian dari rencana Nissan untuk meluncurkan 12 model baru dalam 18 bulan. SUV serba baru tersebut menunjukkan komitmen Nissan untuk memenuhi permintaan pelanggan akan teknologi baru dengan tenaga listrik, otonom, dan terkoneksi.

"Ini mendefinisikan apa yang penting bagi Nissan, mewakili apa yang kita perjuangkan, dan mewujudkan esensi dari siapa kita: penantang yang bersemangat dan inovatif." ujar Uchida.

Pengiriman Ariya akan dimulai pertengahan 2021 untuk pasar Jepang dengan perkiraan harga mulai sekitar 5 juta yen dan direncanakan akan dijual ke Amerika Utara, Eropa, dan Tiongkok pada akhir 2021. (Joule)

Tags :