Modifikasi New Suzuki Jimny Fitra Eri: Senyaman dan Seenak Mungkin

  • Oleh :

Selasa, 28/Jul/2020 15:45 WIB


Soundandmachine (Jakarta) - New Suzuki Jimny semakin banyak digemari sebagai basis modifikasi, terutama untuk upgrade audio.

Semakin spesial karena dari puluhan unit Jimny baru yang sudah dimodifikasi salah satunya dimiliki Fitra Eri, pembalap nasional sekaligus pegiat otomotif yang tengah digandrungi.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Fungsionalitas kabin tetap dipertahankan seperti standarnya. (foto: Julfikri Ahmad)

New Jimny ini saya modifikasi untuk digunakan ayah saya, makanya dibikin senyaman dan seenak mungkin, jelas Fitra yang ditemui Tim Soundandmachine di kediamannya di Jakarta, pada Jumat (24/7/2020) pagi.

Pria yang juga jurnalis senior ini membagi langkah modifikasi menjadi tiga tahap. Diawali dengan membenahi eksterior dilanjutkan penambahan sejumlah fitur dan aksesoris. Terakhir, sektor audio yang digarap.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Penempatan speaker tidak merusak peranti kabin aslinya. (foto: Julfikri Ahmad)

Tampilan luar dimulai dengan penggantian karet bundar. Ban standar merek Dunlop AT20 ukuran 195/80-R15 diganti keluaran BF Goodrich Baja Champion A/T 215/75-R15.

Tapaknya model kasar tipe pacul khas off-road, tapi engga berisik. Lebih lebar 20 mm dari standarnya, ban jadi lebih keluar tapi pelek lebih terlindungi, jelas Fitra.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Power amplifier dan DSP ditempatkan bersusun di kolong jok penumpang depan. (foto: Julfikri Ahmad)

Pelek asli dipertahankan karena saat ini pilihan model yang dirasanya cocok kebanyakan lingkar 16 inci, namun ukuran tapak bannya menjadi 235, dianggap terlalu lebar.

Jika dipaksakan, akan menyebabkan bagian dalam rumah roda harus ada yang rela dicoak. Sementara lebar ban 215 lingkar 16 inci yang ditemuinya kebanyakan punya motif tapak ban yang kurang bagus.

Power amplifier monoblok untuk mendukung subwoofer ditempatkan di bawah jok pengemudi. (foto: Julfikri Ahmad)

Pelek pengennya diganti, namun belum ada model yang cocok di ukuran 15 inci, terutama pada ukuran bannya, ungkap Fitra. Penggantian ban barunya ini menjadikan dimensi rodanya lebih besar dari standarnya.

Ngerem jadi agak gagal, makanya brake line hose yang standarnya karet diganti bahan breaded steel hose merek HEL. Jadi kerasa banget ngeremnya lebih presisi, yakin langganan juara balap turing nasional ini.

Fungsional ruang kabin terjaga, daya akomodasi tetap maksimal. (foto: Julfikri Ahmad)

Kemudian eksteriornya yang punya warna bodi asli Glossy White single tone dilapisi Paint Protection Film doff dari V-Kool. Sehingga, kini warnanya menjadi white doff dan pada atap dilapisi stiker hitam doff produk oracal, jadi berkesan two tone.

Kemudian kaca film mempercayakan Solar Gard LX70 Premium. Lalu, peranti aksesoris bodi didominasi dari Suzuki Genuine Accessories.

Pioneer DMH-Z5350B mengakomodasi fungsi Apple Car Play. (foto: Julfikri Ahmad)

Meliputi peranti side body moulding, dop roda untuk ban cadangan yang dilengkapi kunci pengaman, satu set Mud Flap Suzuki untuk keempat fender roda, roof rack dan talang air untuk pintu samping.

Lalu, engine hood struts atau penyangga kap mesin diganti model hidrolik label Greddy, klakson Mitsuba dan penyematan BRQ Top Fueller, yakni perangkat Fuel Catalyst untuk memperbaiki kualitas bahan bakar.

Audio Maksimal Kabin Fungsional

Upgrade sektor audio dipercayakan ke gerai audio Music Art. Fitra meminta penambahan peranti audio tidak makan tempat dan sebisa mungkin seperti standarnya, dalam artian tidak banyak perubahan.

Panel kabin pintu bagasi berganti custom menyesuaikan rumah subwoofer. (foto: Julfikri Ahmad)

Head unit bawaan diganti Pioneer DMH-Z5350B. Untuk konektivitas tetap mengandalkan slot USB kepunyaan Jimny yang penempatan standarnya tersendiri, terpisah dari head-unit.

Apple Car Play yang diusung dianggap lebih simpel, karena begitu disambungkan ke ponsel Apple, semua fungsi aplikasinya langsung aktif. Diantaranya music player, sambungan telepon, WhatsApp, Waze dan tune-in radio.

Yang tampak menyolok dari segenap ubahan ini ada pada sepasang panel interior pada pilar A yang sudah di-custom untuk penempatan tweeter.

Dudukan tweeter di pilar A akan disempurnakan lagi. (foto: Julfikri Ahmad)

Lalu panel kabin di pintu bagasi standarnya diganti hasil kustomisasi untuk menempatkan sebuah subwoofer.

Power amplifier untuk speaker ditempatkan di kolong jok pengemudi, sementara power amplifier untuk subwoofer dan processor ditempatkan bersusun di kolong jok penumpang depan.

Semuanya dikemas apik dalam boks yang telah dilapisi bahan senada karpet dasar. Masih di kabin, yang menyita perhatian adalah tambahan sepasang arm rest pada jok depan.

Dop roda ban cadangan dari Suzuki Genuine Accessories dilengkapi kunci pengaman. (foto: Julfikri Ahmad)

Peranti ini dibuat oleh gerai Vertue Concept dengan lapisan material fabric yang motifnya senada dengan bahan jok standar New Jimny.

Hasil instalasi perangkat audio ini dinilai memuaskan, keluaran suara dari tengah kabin bagian depan dianggap Fitra yang lebih sering memutar lantuan kualitas SQ ini sebagai racikan yang pas.

Kalau sudah di-upgrade begini, pasti sang ayah akan puas dan bisa lebih sering pakai Jimny barunya ini. (anto)

Sepasang arm-rest racikan Vertue Concept dilapis bahan senada material jok pabrikan. (foto: Julfikri Ahmad)

SPESIFIKASI

Head unit                            :  Pioneer DMH-Z5350B

DSP                                        :  Helix Mini DSP 6 channel digital Hi-res Processor

Power Amplifier               :  Helix D-four 4 channel (untuk speaker depan)

   & Helix D-one Monoblock (untuk subwoofer)

Speaker depan                 :  German Maestro CS 5008 5"

Subwoofer                         :  Rockford Fosgate Punch P3S 8" (4 ohm DVC)

Peredam                             :  STP Black alumunium 16 lembar

   & Noise Kill fabric 4 lembar

Dash cam                             :  Black Vue

Kamera Parkir                    :  aftermarket

Gerai audio:

Music Art

Mega Glodok Kemayoran, LT. 8 Premium Zone, Blok HE-01, Jakarta Pusat. 08118088531.

Tags :