Modifikasi Audio Range Rover Vogue, Tahapan Menuju Kepuasan

  • Oleh :

Rabu, 29/Jul/2020 09:10 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Range Rover yang dimiliki oleh Mr. X ini terdapat cerita menarik dalam modifikasi audionya, dimana hasil tahapan ubahannya sudah menuju kepuasan maksimal.

Ketertarikan Mr. X untuk meningkatkan kualitas audio dari SUV premium ini bermula dari melihat Instagram BestBuddyShop Sunter. Awalnya hanya sebatas upgrade audio kecil-kecilan.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Dalam arti apa yang diminta upgrade-nya biasa-biasa saja, namun seiring berjalannya dalam diskusi, keinginannya berubah menjadi lebih serius.

"Dipilihlah sistem pertama yaitu dengan Focal 165 WXP plus Midrange 3 incinya untuk sistem depan, sistem tengahnya Focal 3 Way," ujar Susanto Cong, instalatur Audio dari gerai BestBuddyShop Sunter.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

"Lalu kita install amplifier dari Hertz ML4 itu sebanyak empat buah, prosesornya dengan Audison Bit One HD, Head Unit Sony RSXG9," tambah pria yang akrab disapa Afung ini.

Sebulan kemudian, ternyata Mr. X merasa untuk penumpang belakang dibanding penumpang depan, perbedaannya terasa tidak seimbang.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Akhirnya diputuskan kembali ke gerai yang beralamat di JL. Metro Indah Raya No.12, Metro Sunter, Jakarta Utara ini untuk upgrade audio system di kabin belakangnya.

"Speaker depan dipindah ke belakang dan speaker depan kita ganti Focal Utopia M 3-Way," ujar Afung. Nantinya Mr. X akan meng-upgrade powernya setelah upgrade kali ini.

Untuk modifikasi audio sampai ke bagasi, apa tidak ada fungsi yang dikorbankan? "Yang ini dia korbankan fungsi ban serep. Toh, karena memang memodifikasi rem dan pelek yang ada, otomatis ban serep tidak bisa terpakai," ujar Afung.

"Jadi, daripada tidak bisa terpakai ya akhirnya kita manfaatkan juga ruang ban serepnya untuk kita install subwoofer disitu," tambahnya.

Selain subwoofer, processor dan kapasitor pemasangannya juga diletakkan di bagasi dan pemasangannya tidak mengganggu kabel-kabel atau kelistrikan yang kerap menjadi persoalan ketika memodifikasi audio mobil Eropa.

Lantas, seberapa sulit memodifikasi audio Range Rover? Terlebih kerja mobil pun diatur lewat layar multimedia.

"Sebenarnya mirip-mirip mobil Eropa pada umumnya, yang penting kabel-kabel original-nya tidak kita ganggu gugat, jadi kita benar-benar menanamkan sistem baru ke mobil ini," yakin pria asal Pontianak, Kalimantan Barat ini.

"Kita menanamkan prosesor baru, jadi dari original mobil bisa masuk ke prosesor mobil ini, jadi kira-kira over-ride gitu," ungkapnya. Dengan segenap ubahan ini, tuntas sudah kepuasan maksimal yang dirasakan Mr. X. (Joule)

Spesifikasi: Head Unit Sony RSX-GS9, DSP Audison Bit One HD, Speaker Depan Focal Utopia M, Speaker Belakang Focal 165-WXP feat 3W0251, Subwoofer Dominations Dewaruci, Power Amp Hertz ML4 4 unit, Cap Bank LS Ultracapacitor, Kabel Bullshit Cable, Sound Damping Vibrofiltr

Tags :