Bengkel Spesialis Interior Vertue Concept, Modifikasi atau Reparasi Intinya Solusi

  • Oleh :

Kamis, 30/Jul/2020 19:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Ketika seseorang memilih mobil, eksterior tentu bisa menjadi kesan pertama namun interior tidak kalah pentingnya karena yang namanya naik mobil pasti akan masuk ke dalam dan mau tidak mau akan berhadapan dengan urusan interior.

Vertue Concept, bengkel spesialis interior sejak tahun 2004, menjadi penengah dalam urusan interior mobil, karena selain modifikasi juga menerima reparasi.

Baca Juga:
Sebelum Modifikasi Mesin, Kenali Dulu Fungsi Ring Piston

Sebagai konsultan interior, gerai yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara ini punya prinsip, inti dari spesialisasi tersebut adalah solusi dan itupun masih ada dampak yang perlu dipikirkan.

"Saya tidak hanya mencari solusi untuk customer tetapi saya mau melihat dari segi keseluruhan. `Dampaknya apa?`," ujar Edy, pemilik Vertue Concept kepada Soundandmachine (27/7/2020).

Baca Juga:
Sterindo Autosound, Tantangan yang Terus Mengalir dari Passion Audio Mobil

Salah satu contoh terkecilnya seperti ketika menangani jok Mazda MX-5 milik Fitra Eri yang mungkin kurang sreg karena sudah lecet-lecet,

"Hal wajar karena keluar-masuk jadi kegesek, potensi seperti itu pasti ada. Dari hal terkecil itu saya bantu repair bagian yang rusaknya saja," ungkap Edy.

Baca Juga:
Begini Tips Memilih Peredam Mobil agar Hasilnya Efektif dan Efisien

Fungsi interior sebuah mobil menjadi prinsip kerja pria berpostur tinggi ini, yang artinya tidak sekedar mengganti tetapi juga mengembalikan fungsi orisinal dan itulah hal tersulitnya.

"Jadi akan terima kondisi kulit seperti baru tanpa ada masalah, tetapi saya perlu sampaikan bahwa sebenarnya ada masalah yang fungsinya akan berkurang sebagai heater itu sendiri," tambahnya.

Salah satu contohnya ketika kedapatan customer yang mengalami masalah dengan cepat tipisnya material kulit Toyota Alphard di setir dan meminta perbaikan ke Edy.

Sebelum menerima dan melakukan pekerjaan, Vertue Concept berkewajiban untuk menjelaskan kepada customer dampak yang akan terjadi ketika material kulit tersebut diperbaiki,

"Elemen heater akan rusak tapi tidak akan berpengaruh kepada elektrikal daripada mobil itu sendiri, modulnyapun tidak berpengaruh," ujar Edy.

Selain reparasi, Edy juga menerima pekerjaan yang sifatnya custom atau modifikasi dan Edy sangat berpengalaman dengan pekerjaan terkait material interior.

Menurut Edy, pasar Indonesia termasuk luas bahkan Edy pernah sampai harus memilih material yang biasa dipakai di pesawat dan customer menerima untuk dipakaikan di mobilnya.

"Sampai prinsipal kita di Austria bingung bahwa, `ada ya orang Indonesia di mobilnya dia pakai kulit aircraft`, which is kulit aircraft itu dia bisa fire proof sampai 900 derajat celcius dan dia 30% lebih enteng dari kulit biasa." ungkapnya.

Meski lini pekerjaannya lebih ke pelapisan kulit atau semi kulit, Vertue Concept juga menerima pekerjaan lain terkait interior seperti jok, door trim, karpet, plafon, floor mat, gorden, hingga interior custom.

Edy sudah menangani beberapa customer yang meminta modifikasi interior, di antaranya salah satu orang ternama di dunia otomotif Indonesia.

"Seperti pak Johnny Darmawan (mantan Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor) kalau gak salah 2015-2016 itu bikin Hiace khusus dia, dia request bahwa `saya mau ada belakang tempat jas sama ada kursi buat saya pakai sepatu mau golf`." ujar Edy.

https://www.instagram.com/p/BCPM5hYKZQi/

Menariknya meski pekerjaannya lebih ke interior mobil, Edy juga menerima orderan di luar interior mobil, seperti,

"Yang berhubungan dengan leather termasuk retrim sofa kita kerjakan, merchandising kita kerjakan. Kita juga kerjakan private jet, helikopter, yacht sampai cafe," tutupnya. (Joule)

VERTUE CONCEPT

JL. Danau Sunter Utara J12 No.6, Jakarta Utara. +62 817 837 883

Tags :