Speaker Audison APK 165P, Hasilkan Suara Lebih Mumpuni

  • Oleh :

Jum'at, 28/Agu/2020 13:25 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak dapat dipungkiri, speaker merupakan salah satu komponen utama dalam menghasilkan suara berkualitas di sebuah mobil. Bisa dibayangkan bila speaker yang digunakan memiliki kualitas yang rendah, tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Memenuhi kebutuhan akan kualitas speaker yang mumpuni, merek audio ternama Audison, baru saja merilis produk baru bernama APK 165P. Johnson Nagawan, Chief Operating Officer PT Audioworkshop mengatakan, APK 165P merupakan pengembangan dari model sebelumnya.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

"Dulu, tipe APK disebut dengan Audison Prima. Namun, dalam perjalanannya banyak pecinta audio yang memberi masukan untuk beberapa hal. Seperti bassnya kurang, trebel terlalu tajam, serta midbass yang kurang tebal," ungkap Johnson.

Atas dasar itulah, Audison lantas mengeluarkan APK 165P. Produk baru ini disebut sebagai penyempurnaan dari yang model lama karena memiliki beberapa keunggulan.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

"Konstruski midbassnya lebih rigid, magnetnya juga lebih besar, lalu tweeter memiliki diameter dome lebih besar," jelas Johnson saat ditemui Sound and Machine di markas Audioworkshop, Authorized Distributor Audison di Sunter, Jakarta Utara.

Lebih lanjut pria ramah itu menjelaskan, hasil dari perbaikan material dan spesifikasi tersebut, suara yang dihasilkan speaker two way kelas menengah berkapasitas 345 W itu menjadi lebih baik.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

"Jadi suara tinggi (hi) lebih soft dan suara midbassnya juga lebih berat dibanding model yang lama. Itu improve paling signifikan di model baru ini," tutur Johnson, Rabu (19/08).

Dalam satu paket, terdiri dari sepasang tweeter, serta dua buah midbass. Menariknya lagi, Audison melengkapinya dengan empat buah crossover, bukan dua seperti pada umumnya. Ternyata, penggunaan empat buah crossover itu bukan tanpa alasan.

Menurut Johnson, salah satu keunggulan menggunakan empat buah crossover paling utama adalah dari segi dimensi. "Dengan dibagi empat ukurannya jadi kecil, jadi gampang diumpetin (dalam hal penempatan)," katanya.

Selain itu, memungkinkan kualitas suara yang lebih kuat. "Bila pakai amplifier 4 channel kita bisa bagi. Channel 1, 2 buat twetter kiri dan kanan. Sementara Channel 3,4 buat midbass kiri dan kanan. Sehingga tenaga lebih fokus, besar dan lebih dynamic," jelasnya.

Asyiknya lagi, produk dengan kisaran harga Rp 4 jutaan ini bersifat universal, alias bisa digunakan untuk berbagai merek mobil, mulai buatan Jepang hingga Eropa.

"Dalam kemasan sudah disediakan untuk bermacam mounting atau dudukan. Ada yang untuk mobil Jepang serta Eropa. Jadi supaya bisa pasang dilokasi original," pungkas Johnson. Tertarik?

https://www.youtube.com/watch?v=dMdxRwTjOog

Tags :