Upgrade Audio Hyundai H1 Mas Wahid - Part 2

  • Oleh :

Selasa, 01/Sep/2020 14:34 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Muhammad Abdul Wahid atau yang akrab disapa Mas Wahid, merupakan salah seorang Youtuber yang terkenal dalam menyajikan konten bernuansa otomotif.

Saat ini, pria berusia 31 tahun asal Gunungpati, Semarang itu, sedang melakukan modifikasi atau meningkatkan kualitas audio Hyundai H1 kesayangannya, di Best Buddy Shop, Sunter Jakarta Utara.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Mas Wahid memiliki konsep tersendiri dalam melakukan up grade kualitas audio di mobilnya. Ia ingin memiliki kualitas suara yang mirip dengan mobil premium pada umumnya, namun tanpa banyak rombakan untuk penempatan komponen audio.

Mengenai kebutuhan tersebut, Susanto Chong, Installer Best Buddy Shop menjawabnya dengan beberapa trik khusus. "Kita menggunakan perangkat audio buatan Dominations untuk mobil Mas Wahid," ujarnya.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Gunakan material aluminium

Lebih lanjut pria yang akrab di sapa Afung tersebut mengatakan, Mas wahid juga berpesan agar mobilnya bisa digunakan untuk karoke. Makanya, Afung lantas menyediakan satu buah roof monitor berukuran 22 inci buatan LG, di tengah kabin.

"Ada penambahan fungsi agar bisa digunakan untuk karoke. Kami sediakan roof monitor dengan ukuran yang lebih besar daripada umumnya, serta dilengkapi pre amp mixing khusus dan android box," ungkap Afung.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Menariknya, monitor ukuran besar itu ditempatkan di plafon mobil dengan dibuatkan dudukan atau frame berbahan aluminium. Penggunaan aluminium, dinilai lebih kuat dan tahan lama untuk pemakaian jangka panjang.

Rangka besi untuk dudukan di bawah jok

Selain itu, untuk dudukan komponen audio lain semisal speaker dan amplifier, Afung mengaku menggunakan material pelat besi. Penggunaan material ini, terbilang istimewa karena pada umumnya instalatur cukup menggunakan material kayu.

"Rangka aluminium hanya pada dudukan tv plafon. Bukan tanpa alasan, karena supaya lebih ringan dan kokoh, serta durabilitas komponen menjadi lebih baik," jelas Afung saat ditemui Sound and Machine di markasnya, Kamis (27/08).

Agar semakin rapih, dudukan aluminium untuk roof monitor tadi dilapis dengan material tambahan. "Untuk finishing roof montitor harus dicover biar rapih, kita bungkus pakai bahan dan warnanya mirip dengan interior," tutur Afung.

Dudukan dibuat kokoh dan kuat

Selain itu, pria ramah tersebut juga melakukan customisasi untuk dudukan speaker depan 3way Dominations. "Kita tempatkan di segitiga spion depan, agar bentuknya mirip aslinya," kata Afung.

Selama mengerjakan mobil milik Mas Wahid, Afung mengaku tidak menemukan kendala berarti. "Pengerjaan kurang lebih 10 hari, tidak ada tantangan berarti, seperti pada umumnya saja, karena modifkasinya juga gak terlalu ekstrem," pungkas Afung.

Penasaran bila sudah selesai, mobil Mas Wahid akan seperti apa? simak terus di Sound and Machine ya!(EPS)

Tags :