Lebih dari 10 Tahun Produksi, Nissan Fairlady Z Z34 Sportscar Lintas Zaman

  • Oleh :

Kamis, 03/Sep/2020 20:00 WIB


SoundandMachine (Kanagawa, Jepang, 3 September 2020 - Sportscar Nissan, Z-Car atau Fairlady Z, untuk generasi sekarang yaitu Z34 telah mencetak masa produksi terlama untuk seri Z-Car.

Dari sejak Fairlady Z Z34 diproduksi yaitu pada tahun 2008, Nissan masih belum menghentikan produksinya, tidak peduli sekarang sudah zaman downsizing ataupun terelektrifikasi, bahkan tidak peduli bahwa sportscar merupakan jenis mobil yang jualannya sedikit.

Baca Juga:
Saling Mengisi, Nissan Kembali Memakai Pembalap yang Sama di Formula E

Nissan Fairlady Z Z34 (foto: Nissan)

Lebih dari 10 tahun diproduksi, Fairlady Z Z34 masih berada di era kecenderungan di mana manufaktur untuk meningkatkan performa mesin dengan meningkatkan kapasitas dibanding pendahulunya dan tanpa turbo sehingga menjadi sportscar lintas zaman.

Dibanding Fairlady Z Z33, mesin standar Z34 200 cc lebih besar yaitu menjadi 3.700 cc yang membuat tenaga mesin juga lebih besar yaitu sekitar 30 dk.

Baca Juga:
Unik nan Memikat, Nissan Kicks e-POWER Mendapat Good Design Award

Transmisi Manual 6-Percepatan Nissan Fairlady Z Z34 (foto: Nissan)
Transmisi 7M-ATx Nissan Fairlady Z Z34 (foto: Nissan)

Mesin tersebut disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan seperti Z33 namun lebih ringan dan lebih rendah friksi, atau otomatis 7M-ATx dengan time lag 0.2 detik menjadi salah satu transmisi otomatis konvensional dengan perpindahan gigi tercepat yang nantinya diterapkan di Skyline 400R tahun 2019.

Powertrain Nissan Fairlady Z Z34 (foto: Nissan)

Struktur bodi mengalami perubahan seperti wheelbase lebih pendek 100 mm namun memiliki kekakuan torsional 40%, kekakuan longitudinal 10%, dan kekakuan lateral 60% dengan berat kosong yang sama yaitu 1.480 kg.

Baca Juga:
Permintaan di Tiongkok Tinggi, Nissan Fokus Teknologi Andalan di Auto China 2020

Nissan Fairlady Z Z34 Minor Change (foto: Nissan)

Mulai minor change tahun 2012 dengan desain bumper seperti pendahulunya, minor change-nya sendiri dari segi eksterior sudah delapan tahun tidak berubah. Tidak banyak sportscar yang bisa bertahan dengan desain selama ini.

Interior Nissan Fairlady Z Z34 (foto: Nissan)

Interior juga tidak berubah dari segi bentukan, berbeda dengan GT-R R35 yang meskipun facelift tetapi bentukan interior turut berubah.

Mesin Nissan Fairlady Z Z34 (foto: Nissan)

Menariknya dari tahun 2008 sampai sekarang, Fairlady Z tetap bertahan dengan tenaga mesin tidak berubah, yaitu 336 PS atau 355 PS untuk versi Nismo. Itu juga berbeda dengan GT-R yang setiap minor change tenaganya kerap meningkat sampai tahun 2019.

Nissan hanya improvisasi kekakuan bodi,dan efisiensi kerja transmisi manual 6-percepatan yaitu mengurangi effort pedal kopling dan meningkatkan kapabilitas pengoperasian setengah kopling untuk performa lebih baik.

Nissan Fairlady Z 40th Anniversary Z34 (foto: Nissan)
Nissan Fairlady Z 50th Anniversary Z34 (foto: Nissan)

Fairlady Z Z34 terpilih sebagai generasi untuk memperingati momen spesial Nissan dalam Z-Carnya selama dua dekade seperti edisi 40th Anniversary dan 50th Anniversary.

Nissan Fairlady Z Heritage Edition Z34 (foto: Nissan)

Fairlady Z Z34 juga terpilih sebagai "Heritage Edition" dalam rangka remake "280Z Special Decoration Package ZZZap" yaitu marketing Nissan di Amerika melalui game arcade pada tahun 1977 hingga menjadi salah satu indikator bahwa Fairlady Z begitu diminati di Amerika Serikat.

https://www.youtube.com/watch?v=b5ZgwW7hETY

16 September 2020 mendatang Nissan akan memperkenalkan Z-Prototype yang akan menggantikan lini produksi Fairlady Z Z34. Semenjak masih prototype, masih belum diketahui kapan Z34 akan berakhir masa produksinya

Bertahannya Fairlady Z Z34 selama lebih dari 10 tahun dengan segala perubahan zaman merupakan salah satu upaya menantang kemustahilan yang sudah menjadi DNA Nissan dalam perjalanan membuat mobilnya.

Tergantikan belum berarti akan terlupakan. (Joule)

Tags :