Desainer Louis Vuitton Bikin G-Class Tampil Beda Melalui Project Gelndewagen

  • Oleh :

Rabu, 16/Sep/2020 11:27 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Kolaborasi antara dunia otomotif dengan fashion, sering kali menghasilkan sebuah karya yang sangat menarik.

Seperti yang dilakukan oleh Mercedes-Benz dan Virgil Abloh, Chief Creative Director, pendiri Off-White dan Mens Artistic Director Louis Vuitton.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Pada 8 September lalu, kerjasama keduanya menghasilkan Project Gelndewagen. Proyek desain konseptual, yang dipimpin oleh Chief Design Officer Mercedes-Benz Gorden Wagener dan Virgil Abloh ini menggunakan sebuah Mercedes-Benz G-Class sebagai media.

Konsepnya, mobil berjenis SUV buatan pabrikan berlogo bintang tersebut, akan mengeskspresikan cara-cara mendisrupsi persepsi masa depan tentang luxury (kemewahan). "Hasilnya adalah manifestasi G-Class unik yang belum pernah ada sebelumnya," ujar Wagener.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Lebih lanjut ia mengatakan, proses desain Gelndewagen terinspirasi oleh pengalaman langsung Wagener dan Abloh, saat memiliki serta mengendarai G-Class. Keduanya, lantas melihat peluang untuk memaksimalkan karakter Mercedes-AMG model ini.

"Bagaimana membuat orang-orang melihat desain Mercedes-Benz dengan sudut pandang baru, yakni menjauhkan luxury dari estetika dan mendekatkannya ke sesuatu yang lebih natural dan apa adanya," jelas Wagener.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Bila dilihat, tampilan G-Class garapan keduanya malah lekat dengan aura sporty mobil balap. Meski begitu, siluet G-Class yang ikonik tetap dipertahankan, termasuk ban dan roda cadangan yang menonjol di bagian belakang.

Mercedes-Benz Project Gelndewagen Mercedes-Benz Project Gelaendewagen

"Desain akhirnya memberikan kesan konstruksi yang sederhana, dan menegaskan ketidaksempurnaan buatan tangan yang membuatnya menjadi unik. Sebagian cat diamplas dengan tangan untuk menciptakan kesan kesederhanaan yang tak lekang oleh waktu," tutur Abloh.

Suasana berbeda, bisa ditemukan di bagian dalam. Bila desian interior standar G-Class mendepankan kenyamanan, kecanggihan dan kemewahan, kini terlihat kosong dan ringkas.

Sebab, semua bagian interior telah dibongkar, termasuk dasbor untuk diganti dengan versi yang lebih kecil, menggunakan speedometer dan pengukur bahan bakar analog, yang mengingatkan pada mobil klasik.

Lalu, kursi bawaan standar juga telah diganti dengan tipe bucket khas mobil balap, termasuk roda kemudi yang lebih sporty. Sebagai penambang keamanan, Mercedes-Benz juga menyamatkan roll bar berukuran besar, serta sabuk pengaman 5 titik.

Menariknya, versi replika dari Mercedes-Benz G-Class Project Gelndewagen ini akan dilelang oleh rumah lelang Sotheby.

Penawaran sendiri telah dimulai sejak 14 September 2020. Nantinya, dana yang terkumpul akan didonasikan untuk mendukung industri kreatif yang terkenda dampak pandemi Covid-19. (EPS)

Tags :