Inspiratif, Modifikasi Digital Nissan Kicks e-POWER Ini Pemenang Kontes NMAA

  • Oleh :

Selasa, 29/Sep/2020 18:02 WIB


SoundandMachine (Jakarta), 29 September 2020 - Selagi belum banyak dimodifikasi dan industri aftermarket belum banyak membuat parts, sketsa modifikasi digital (digimod) Nissan kicks e-POWER ini inspiratif untuk diterapkan ke mobil modifikasi sungguhan.

Pasalnya sketsa tersebut merupakan pemenang kontes digimod Seru-seruan Digimods All-New Nissan Kicks e-POWER dengan penyelenggara National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang juga mengadakan Indonesia Modification Expo (IMX).

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Kontes yang digelar 7-19 September 2020 tersebut mampu mengumpulkan karya Digimod dalam mengkreasikan tampilan berbeda untuk mobil berjenis kompak SUV dan dijalankan secara casual.

Tema modifikasi dalam kontes tersebut adalah daily dress up yang fun dan atraktif sehingga bisa menginspirasi tampilan Nissan Kick e-Power untuk mobilitas harian.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Karya digimod tersebut dibuat dengan template bawaan dan sejumlah aturan seperti mengubah karakter bodi asli, ternyata bisa menghasilkan karya modifikasi luar biasa dan di situlah awal mula inspiratifnya.

Digimods Champ: Nissan Kicks e-POWER @papayastreetart (sumber: NMAA)

Dari 54 karya yang masuk entri pemenang Digimods Champ jatuh kepada @papayastreetart menampilkan gaya modifikasi bertema Retro Fun.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Dari depan, Kicks e-POWER berkelir hijau tampak lebih lebar dengan pengaplikasianwide body.Sedangkan pilar pintu, spion hingga spoiler belakang berwarna hitam.

Ubahan tersebut berkat pemasangan add-on lips bumper yang memuat aksen karbon, di bagian ujung bawah bumper. Grill depan tidak terlalu lebar membuatnya senada dengan airduct bermotif jaring. Untuk menambah detail modifikasi juga terdapattail tow.

Lampu depan ditambahi dengan DRL segaris yang diproyeksikan menambah visibilitas berkendara, disertai foglamp kecil pada bagian kanan-kiri bumper. Konsep Retro Fun satu ini dimaksimalkan untuk mobil harian yang sanggup membawa barang bawaan dari roof rack berwarna alumunium.

Digimods Champ: Nissan Kicks e-POWER @papayastreetart (sumber: NMAA)

Bagian belakang sejumlah ubahan tampak minimalis dari mulai spoiler berwarna hitam, lampu belakang dibuat smoke dan pemasangan diffuser dengandouble muffler.Menariknya, rendering modifikasi satu ini menambahkan antena kecil yang menyembul dengan motif emoticon smile.

Dimensi kendaraan jelas terlihat lebar dari belakang dengan pemasangan fender. Oleh karena itu di sektor tongkrongannya, empat buah fender besar dipasang untuk mengakomodir ukuran velg dan ban dari versi bawaan dan velg besarnya memiliki motif retro khas dengan gaya identik mobil 1970-an.

Secara keseluruhan, konsep Retro Fun karya Digimod Dikdik Permadi tersebut terlihat asyik untuk diajak nongkong atau bersantai dengan keluarga.

Favorite Social Media: Nissan Kicks e-POWER @ivancsxstudio (sumber: NMAA)

Untuk pemenang Favorite Social Media diraih oleh @ivancsxstudio yang mengkonsepkan ubahan modifikasi digital Nissan Kicks e-Power Sport dengan konsep Nismo Tune dan Nissan Motorsport International (Nismo) adalah in-house tuner Nissan.

Dari ubahan tersebut akun @ivancxstudio membuat proyeksi tampilan Nissan Kicks e-POWER dengan Exclusive Tuning khas Nismo.

Modifikasibertema sporty packages ini berkelir berwarna putih seperti layaknya mobil hasil modifikasi Nismo, aksen merah terintegrasi dari depan hingga ke belakang bodi, dan hitam di sejumlah panel.

Tampak depan, ubahan terlihat pada bumper, add-onlips, air duct disertai sisipan titik-titiik LED. Ubahan lampu depan tampak lebih sporty mengganti lampu bawaan, sedangkan grill memuat tampilan kisi-kisi horizontal yang memiliki ukuran lebar di tiap palangnya.

Bagian depan ini disertai aksen merah khas Nismo dan di atas kap mesin terdapat airscoop di antara kiri-kanan dan pada bagian samping bodi terpasang side skirts bermotif senada. Spion custom berkelir hitam dengan aksen merah tampak menonjolkan kesan sporti.

Favorite Social Media: Nissan Kicks e-POWER @ivancxstudio (sumber: NMAA)

Adapun sejumlah modifikasi diantaranya menambahkan side decal, mengganti velg, lampu hingga mengaplikasikan lips spoiler.

Untuk mempertegas kesan sporti, velg dan ban memakai menggunakan velg forged one piece palang enam. dengan ukuran lebih besar dari velg aslinya.

Agar kesan sporti lebih detil, ditambahkan spoiler minimalis dan diffuser di bagian belakang, bagian muffler dibuat single di bagian tengah disertai stoplamp kecil, sedangkan lampu belakang sama seperti versi bawaan.

Selintas,karya Digimod Irvan Adipratama tersebut menonjolkan padu padanan warna khas seperti edisi eksklusif di sejumlah mobil Nissan. Meski mengandalkan sedikit ubahan, Nissan Kicks e-POWER jadi terlihat lebih sporty dan sedikit menunduk.

Sejumlah karya modifikasi Nissan Kicks e-POWER lainnya bisa dilihat pada unggahan di akun @nmaadigimodstar.

Bagaimana menurut kalian?

Tags :