Modifikasi BMW E60: Maksimalkan Tampilan Eksterior

  • Oleh :

Rabu, 30/Sep/2020 12:50 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Bagi sebagian orang, modifikasi kendaraan khususnya mobil adalah sebuah kebutuhan.

Pemikiran tersebut juga berlaku pada pria bernama Victor Einhard. Melihat BMW E60 kesayangannya tampil standar, ia lantas tergoda untuk melakukan beberapa rombakan.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

"Saya memang doyan modif, jadi kalau melihat mobil kondisi standar rasanya kaya ada yang kurang," tuturnya. Victor pun merubah sisi eksterior E60 kesayangannya agar tampil lebih mewah sekaligus sporty.

Bila pemilik BMW atau mobil buatan Eropa lain menganut aliran orisinal atau single tuner dalam melakukan modifikasi, Victor lebih memilih menikmati komponen terbaik yang dianggap cocok dalam mewujudkan idenya.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Fokus terhadap modifikasi eksterior, sebagai langkah pertama ia mengganti bumper bawaan dengan paket bodykit M-Tech. Meskipun yang digunakan adalah replika, namun materialnya terbilang cukup baik, dan menyuguhkan garis-garis yang presisi.

"Pemasangannya memang tinggal plug and play. Harganya juga lebih terjangkau karena dengan Rp 15 jutaan sudah komplet. Tinggal proses finishingnya termasuk cat yang harus rapih," jelas Victor.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Ia menambahkan, paket bodykit tersebut sudah termasuk bumper depan dan belakang, serta sideskirt. Agar makin memikat, Victor melabur seluruh bodi E60 buatan 2006 miliknya dengan warna Blue Estoril.

Jujur saja, salah satu bagian yang mencolok dari BMW seri 5 milik Victor, terlihat dari bagian kap mesin. Berbeda dengan kap mesin E60 standar, Victor rupanya telah melakukan kustomisasi pada bagian tersebut.

"Kita buat dari plat yang ringan, lalu dibuat ada tonjolan di tengah. Bentuknya terinspirasi dari milik mobil hi-performance yang menggunakan turbo atau supercharge," jelasnya kepada SoundandMachine.

Selain itu, bagian paling menarik dari E60 milik victor adalah velg. Selain tampil kinclong, keberadaan velg ini terbilang cukup langka di pasaran, apalagi memiliki spesifikasi ukuran yang cukup besar.

"Saya menggunakan velg Seneka dengan konstruksi 2 piece ukuran 20 inci. Velg ini lumayan langka, dan saya suka karena dengan finishingnya yang mengkilap, bikin mobil terlihat mewah," terang anggota BMWCCI Jakarta Chapter itu.

Supaya velg yang memiliki ukuran lebar 10.5 inci di depan dan 11 inci di belakang tersebut tetap mengkilap, rupanya pria ramah tersebut rutin melakukan perawatan. Memang, velg jenis polish ini membutuhkan perawatan ekstra.

"Bila ada waktu, saya biasa memoles seminggu sekali di rumah, menggunakan bahan-bahan pengkilap yang mudah ditemui dipasaran. Hasilnya cukup bagus," tutur Victor. Menyempurnakan tampilan eksterior, lampu belakang bawaan diganti dengan versi LCI.

Penggunaan lampu belakang dari E60 LCI, dianggap membuat bagian belakang mobil menjadi lebih mewah. "Karena kalau yang non LCI kurang ada siluet garisnya, tapi klo LCI ada garisnya sehingga kalau malam nyala lampunya lebih mewah dan menarik," ungkapnya.

Lalu, Victor juga merubah sistem pembuangan standar dengan header custom, yang disempurnakan dengan muffler Supersprint milik BMW M5. Hal itu dilakukan agar suara E60 miliknya menjadi lebih gahar, juga meningkatkan performa. keren!

Spesifikasi:
BMW e60 N52B30 2006
Colour BMW blue estoril

Exterior modification

  1. Front Mtech bodykit
  2. Rear Mtech bodykit
  3. Side skirt
  4. Wheels original Seneka R20 lebar 10.5/11 with tyre front michelin 255/35l/20 rear michelin 275/30/20
  5. Coilover KW3
  6. Spion retract M5 original
  7. Kap mesin custom
  8. Ducktail bagasi
  9. Bagasi plat number original M5

Interior

  1. Original beige colour
  2. 7 logic harman kardon speaker
  3. Steer using M original

Tags :