Pesanan `Sultan` Ferrari Omologata Hanya Dibuat Satu Unit di Dunia

  • Oleh :

Kamis, 08/Okt/2020 15:11 WIB


Soundandmachine.com (Italia) - Bagi sebagian orang, kendaraan khususnya mobil tak hanya sebagai alat transportasi semata. Lebih dari itu, mobil juga dianggap mampu meningkatkan status sosial pemiliknya.

Selama ini, supercar dianggap menjadi salah satu jenis mobil `wajib` untuk mereka yang ingin menegaskan statusnya sebagai kaum kaya. Meski begitu, ada saja orang yang tetap ingin tampil beda, dengan memiliki supercar yang sangat ekslusif.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Memenuhi kebutuhan orang yang sering disebut `Sultan` tersebut, baru-baru ini Ferrari baru saja menyelesaikan proyek supercar bernama Omologata. Mobil itu merupakan pesanan seorang jutawan asal Eropa, yang dibuat secara khusus.

Dibangun dengan menggunakan basis 812 Superfast, Ferrari lantas melakukan modifikasi agar Omologata memiliki desain dan performa terbaik, yang tidak dimiliki oleh supercar lain.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Dalam melakukan proyek ini, pabrikan berlogo Kuda Jingkrak terebut harus membutuhkan waktu lebih dari dua tahun.

Saking banyaknya ubahan, Ferrari mengatakan bahwa hanya kaca depan dan lampu depan saja yang tetap mempertahankan milik 812 Superfast.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Perubahan paling kentara, terletak pada bentuk gril radiator yang kini lebih sporty. Lalu lengkungan fender roda depan sekarang lebih menonjol di atas lampu depan. sementara bagian samping, desainnya benar-benar baru, termasuk gagang pintu dan bodi belakang.

Di interior, Ferrari Omologata mendapat jok biru elektrik dengan lapisan kain Jeans Aunde dan harness balap empat titik. Meningkatkan aura balap di sirkuit, pada bagian dasbor dilengkapi lapisan aluminium, sehingga tampilannya seperti milik mobil balap GT era tahun 1950-an dan 60-an.

Sebagai sumber tenaga, Ferrari membekali Omologata dengan mesin V12 berkapasitas 6.500 cc naturally aspirated. Di atas kertas, mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 800 hp dan torsi 718 Nm.

Tenaga dan torsi yang terbilang besar itu, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi DCT tujuh percepatan. Hasilnya, Ferrari Omologat mampu berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik.

Bila pengemudi masih memiliki adrenalin lebih untuk menginjak pedal akselerator lebih dalam, mobil berkeli merah tersebut mampu melesat hingga kecepatan 340 km/jam.

Ferrari mengklaim, Omologata merupakan model bermesin V12 bermesin depan ke-10 yang telah dibangun. Mantap! (EPS)

Tags :