Lebih Ringan, Peredam Acoustic Meta-Material Nissan Dapat Penghargaan

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 11/Des/2020 08:39 WIB


SoundandMachine (Jepang), 10 Desember 2020 – Nissan memiliki inovasi peredaman mobil yang mampu mendapat penghargaan Popular Science dari Amerika Serikat yaitu peredam acoustic meta-material.

 

Baca Juga:
Collector Item, Nissan Skyline GT-R R32 ini Upgrade Sistem Audio Dengan Produk Audison

Penghargaan Best of What’s New Award in the Automotive Category diraihnya karena materialnya lebih ringan namun memiliki tingkat peredaman yang sama seperti peredam mobil bawaan pabrik pada umumnya dengan rubber board.

 

Baca Juga:
Lengkapi Solusi Upgrade Audio, Alpine Indonesia Hadirkan Lini Produk Peredam Mobil

Baca Juga:
Pakai Seri Terbaru Audio Alpine, Nissan 180SX Drifter Lucky Reza Tembus 50 Modifikasi Terbaik

 

Acoustic meta-material Nissan merupakan peredaman yang memiliki susunan sederhana yaitu kombinasi struktur kisi dan lapisan plastik mengontrol getaran udara untuk membatasi transmisi kebisingan pita frekuensi lebar (500-1200 hertz), seperti kebisingan jalan dan mesin.

 

Meskipun sebagian besar bahan yang digunakan untuk mengisolasi pita frekuensi ini terdiri dari rubber board yang berat, acoustic meta-material Nissan merupakan seperempat dari beratnya, namun memberi kesamaan tingkat isolasi suara.

 

“Melalui pengembangan dan penggunaan bahan ini, kami bertujuan untuk membuat pengalaman berkendara pelanggan kami lebih nyaman dan menyenangkan.” kata Susumu Miura, Advanced Material Engineer Nissan yang bertanggungjawab atas proyek acoustic meta-material.

 

Bahan tersebut merupakan terobosan oleh para insinyur Nissan dalam upaya mereka menawarkan kepada pelanggan kabin yang santai dan tenang sekaligus mengurangi bobot kendaraan dan dengan demikian meningkatkan jarak tempuh.

 

"Kami berencana untuk menggunakan bahan-meta akustik dalam berbagai aplikasi - tidak hanya di mobil mewah dan kendaraan listrik, tetapi juga di kendaraan yang penggunaan bahan isolasi suara berat telah dibatasi," ungkap Miura.

 

(Joule)