Mengenal Carrozzeria, Sub-Brand Car Audio JDM dari Pioneer

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 11/Des/2020 11:06 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 9 November 2020 – Bicara Japan Domestic Market (JDM), mungkin yang ada di benak kita antara mobil dan parts aftermarket seperti pelek dan komponen engineering.

 

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Dari sekian parts aftermarket, car audio juga tidak luput dari istilah JDM dan itu tidak sebatas spesifikasi, seperti yang dilakukan oleh Pioneer dengan label Carrozzeria untuk divisi car audio atau in-car entertainment.

 

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

 

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Dimulai sejak 1986, Carrozzeria hadir menggantikan sub-brand Lonesome Carboy dan awalnya sebuah head unit dengan kapabilitas memutar compact disc.

 

Pada tahun 1990, Pioneer merilis Carrozzeria AVIC (Audio-Visual-Information-Communication) sebagai head unit audio aftermarket dengan Global Positioning Satelite (GPS) pertama di dunia.

 

 

 

Selain aftermarket, label Carrozzeria juga dipakai opsi manufaktur car audio untuk mobil JDM seperti Suzuki dan Subaru.

 

Meski Pioneer sudah memposisikan Carrozzeria untuk bergerak di car audio, masih ada produk yang tidak memakai label “Carrozzeria” yaitu Pioneer Global Series, termasuk untuk produk suplai opsi manufaktur.

 

 

Sekarang Carrozzeria bukan hanya car audio atau head unit dengan sistem navigasi tetapi juga sudah sampai pada drive recorder hingga in-car WiFi router.

 

(Joule)