Covid-19 Belum Mereda, Kompetisi Isuzu I-1 Grand Prix Digelar Secara Virtual

  • Oleh : ADV

Selasa, 15/Des/2020 12:49 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) - Isuzu Motor Ltd baru saja mengadakan I-1 Grand Prix, yang merupakan ajang kompetisi teknisi Isuzu Global dengan tujuan meningkatkan kemampuan teknik individu dan tim dari masing – masing diler Isuzu Group. 

Kompetisi kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bila biasanya diadakan di Isuzu Manufacturing Service Training Center (MSTC), Fujisawa, Kanagawa, pada tahun 2020 ini harus dilaksanakan secara virtual atau e-competition dikarenakan pandemi Covid-19. 

Baca Juga:
Penuhi Kebutuhan Mobil Kecil, HSR Speedster Tawarkan Velg Model Palang Lima Aneka Warna

Perbedaan berikutnya, terletak pada sistem perlombaan. Pada tahun – tahun sebelumnya, kompetisi dibedakan antara negara – negara maju dan negara berkembang, sedangkan pada tahun ini, kompetisi yang diikuti oleh 44 negara ( 1 negara diwakilkan 2 mekanik) dari seluruh dunia tidak terdapat pemisahan kategori.

Wakil dari Indonesia

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

"Persiapan kompetisi I-1GP tahun ini lebih menantang dari pada tahun sebelumnya. Peserta ditantang untuk terbiasa dengan cara baru via digital, sehingga kemampuan diagnosa dan skill saja tidak mencukupi," ujar Benny Dwyanto, General Manager Service Divison PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Dari Indonesia diwakilkan oleh Engkus Setiadi (Teknisi) dari Astra Isuzu Cirebon dan Rakhmad Bastian (Teknisi) dari dealer Dwijaya Isuzu Mojokerto.

Baca Juga:
Fiturnya Inovatif, Trapo Wiper Permanent Waterproof Coating Jadi Wiper Hybrid Nomor 1 di Indonesia

Pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak terdapat Coach dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), hanya mekanik yang terjun langsung pada kompetisi.

Pada e-competition ini terdapat beberapa jenis kompetisi, yaitu Technical Knowledge E-Competition, yang merupakan kompetisi kemampuan pengetahuan tentang teknik otomotif.

Digelar secara virtual

Lalu Virtual Diagnosis E-Competition, sebagai kemampuan diagnosa dan problem solving atas trouble yang terjadi pada kendaraan (trouble pada kendaraan disimulasikan dalam bentuk virtual).

Pada hari Jumat, 11 Desember kemarin, diumumkan pemenang dari I-1GP untuk kategori Team, dimana Indonesia berhasil menempati posisi kelima. Sedangkan pada kategoti Individual, Rakhmad Bastian dari Indonesia menempati urutan keenam.

"Kemenangan tim mekanik Isuzu Indonesia merupakan bukti kami terus menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik di after sales service kami, didukung oleh mekanik – mekanik yang handal, kualitas yang diakui oleh international," tambah Ernando Demily President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Menariknya, terdapat satu lagi kategori lomba baru yang diadakan pada tahun ini yaitu Supporter Contest, dimana setiap negara diminta untuk membuat video kreatif yang bertemakan dukungan terhadap negara masing – masing yang berlaga di I-1GP.

Pemenang ditentukan oleh jumlah vote terbanyak selama periode tertentu. Dalam kompetisi tersebut, Indonesia mendapatkan juara kedua setelah Bangladesh. (EPS)