Cara Mudah Membuat Air Hujan Enggan Menempel di Kaca Depan Mobil

  • Oleh : ADV

Rabu, 16/Des/2020 09:12 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Memasuki penghujung tahun 2020, beberapa wilayah di Indonesia mulai mengalami guyuran hujan. Terkadang, hujan turun dengan sangat deras sehingga pengendara mobil harus lebih berhati-hati.

Saat berkendara dalam situasi hujan deras, tentunya pengendara membutuh pandangan jelas dan luas. Namun, guyuran hujan sudah pasti membatasi pandangan saat mengemudi. 

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Selain menggunakan wiper yang memiliki kualitas baik, ada satu cara lagi untuk meningkatkan pandangan saat melaju di tengah guyuran hujan.

Saat hujan pandangan menjadi terbatas

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

"Cairan rain repellent bisa meminimalkan dampak hujan membatasi pandangan itu," ujar Samsudin, National Technical Advisor dari Astra Peugeot.

Lebih lanjut ia mengatakan, produk car care tersebut banyak ditemui di pasaran dengan beragam merek. Sebut saja No Touch Rain Shield, Glass Science Rain Clear New Gel Formula, RainX 2 in 1 dan lainnya.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Penggunaannya cukup mudah dan praktis, karena tinggal menyemprot permukaan kaca depan (windscreen). Hanya saja, pastikan permukaan kaca sudah bersih. Efeknya, bisa terasa saat cairan ini diaplikasikan pada saat hujan. 

Efek daun talas membuat kaca depan lebih bersih

"Rain repellent, tidak sekadar membersihkan namun juga memberikan efek guyuran hujan enggan menempel bak air di daun talas. Sebaiknya, permukaan kaca dalam kondisi bersih untuk optimal semprotan rain repellent," ujar Samsudin.

Pastikan prosedur aplikasi rain repellent secara benar. Beberapa saat sebelum turun hujan, menjadi saat terbaik mengaplikasi rain repellent. "Saat hujan optimalisasi penggunaan rain repellent agar mampu menekan dampak keterbatasan visibilitas Anda," pungkas Samsudin. (EPS)