Mengintip Spesifikasi Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary

  • Oleh : edo

Kamis, 17/Des/2020 17:27 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Selama hampir seratus tahun, Moto Guzzi terkenal karena peran bersejarahnya dalam pembuatan sepeda motor Italia. Pabrikan yang mulai memproduksi motor sejak 1921 tersebut, memiliki sepak terjang dalam dunia balap dan inovasi industri. 

Pada tahun 1967, Moto Guzzi V7 memulai debutnya dan menjadi perwakilan sosok sepeda motor Italia yang menonjol karena desainnya. Sejak itu, Moto Guzzi V7 mendapatkan popularitas global dan telah mendorong perkembangan model V7 lainnya.

Baca Juga:
Goda Pecinta Motor Besar, Moto Guzzi V7 III Hadir Dalam 2 Model

Kini, melalui PT Piaggio Indonesia, Moto Guzzi baru saja menghadirkan dua model terbaru dari V7, yakni V7 III Stone dan V7 III Racer 10th Anniversary. Lantas apa saja keunggulan V7 III versi Racer 10th Anniversary?

Lampu depan LED

Berbeda dengan model sebelumnya, tampilan Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary semakin menarik dengan sejumlah tambahan aksesori berkualitas. Contohnya tali kulit klasik yang melekat pada sisi atas tangki bensin, serta cat Rosso Corsa (Racing Red) pada bingkai dan swingarm.

Selain itu, Moto Guzzi V7 edisi khusus tersebut juga banyak menggunakan aksen aluminium hitam anodized, khususnya pada fairing samping dan pelindung bodi throttle. Hal itu mampu menciptakan tampilan motor yang sporty namun sangat berkelas. 

Tangki BBM berlapis krom

Di bagian tengah fairing atas, terdapat lampu depan full LED. Teknologi LED juga tertancap pada lampu belakang dan lampu isyarat berbelok (sein). Tampilan modern dan dinamis, juga diperkuat oleh mudguard belakang yang lebih tipis dan lebih ramping serta spion desain baru di ujung setang. 

Bagian samping terkesan sporty

Bagian samping, terdapat angka 7 dengan tepian merah dan detail bendera Italia. Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary juga dilengkapi dengan sadel khusus dengan grafis dan penutup baru. 

Sebagai tenaga penggerak, Moto Guzzi V7 III Racer dibekali mesin V-twin berkepasitas 744cc, 4 katup dengan pushrod pendingin udara dan injeksi bahan bakar. Mesin yang memiliki bentuk ikonik tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 52 HP pada 6.200 rpm.

Sementara torsinya, mencapai 60 Nm pada putaran mesin 4.900 rpm. Meski tak dilengkapi sistem pendingin cairan, namun Moto Guzzi melengkapinya dengan sistem pelumasan di ruang mesin yang dirancang untuk menghilangkan panas.

Mesin bertenaga besar

Aspek keselamatan selalu menjadi hal terpenting pada Moto Guzzi. Untuk itu motor edisi khusus ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan sistem MGCT (Moto Guzzi Traction Control).

Kedua fitur tersebut, mampu mencegah roda terkunci, berkat sistem Kontinental dua saluran, dan mencegah perputaran roda belakang saat akselerasi. Canggihnya, sistem MGCT dapat disesuaikan ke dua tingkat sensitivitas.

Spidometer analog

Satu lebih konservatif dan ideal, misalnya, dalam situasi cengkeraman yang buruk karena aspal basah atau licin dan satu lagi dirancang untuk memenuhi sensasi berkendara dengan aman di jalan yang kering. Sistem MGCT juga memungkinkan kontrol traksi agar selalu presisi.

Sistem suspensi belakang, mengandalkan sepasang peredam kejut Kayaba, yang dapat disesuaikan dengan preload pegas. Berkat kualitas superiornya dan kemiringan pada titik pemasangan kerangka, suspensi tersebut mampu memberikan respons progresif dan terkontrol dalam situasi apapun, bahkan saat dikendarai dua orang. 

Posisi duduk nyaman

Penumpang dapat mengandalkan posisi duduk yang nyaman, berkat penempatan pijakan kaki yang rendah dan ke depan. Triangulasi sadel-setang-pijakan kaki, diberi jarak yang ideal untuk pengendara dengan tinggi badan berapa pun.

Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary ditawarkan dengan harga Rp535.000.000 dalam kondisi on the road Jakarta. Bila pembeli ingin memodifikasi motornya, Moto Guzzi juga menyediakan pilihan aksesori yang dapat dibeli dengan pesanan khusus. (EPS)