Suzuki Jimny JAOS Motorsport, Modifikasi Meningkatkan Fungsi

  • Oleh : Julfikri

Senin, 21/Des/2020 00:43 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 8 Desember 2020 – Kedai spesialis mobil built-up Jepang, JAOS Motorsport, memiliki mobil modifikasi yang benar-benar meningkatkan fungsi.

 

Baca Juga:
Unggulkan Desain Original, HSR Wheel Kenalkan Lima Model Pelek Baru untuk Beragam Mobil

Disebut meningkatkan fungsi karena bukan hanya dari segi visual seperti eksterior, tetapi juga melengkapi apa yang kurang dari Jimny, terutama interior, kaki-kaki, hingga mesin. Konsep modifikasi tersebut tak lain sebagai mobil demo untuk pelanggannya.

 

Baca Juga:
Kolaborasi Dengan Kopi Nako, Wuling Formo Max Ala Kafe Berjalan Ramaikan GIIAS 2023

“Jadi gak beli kucing dalam karung, bisa ngerasain.” tawar Kris mewakili JAOS Motorsport kepada soundandmachine di kedainya di bilangan Sunter (9/12/2020).

 

Baca Juga:
Velg Baru HSR Wheel Boafeo dan Aerotech, Tingkatkan Gaya Juga Aerodinamika

 

 

Jimny tersebut terlihat seperti Land Rover Defender yang diciutkan semenjak memakai bodykit keluaran DAMD dari Jepang yang berkode “Little.D”. Body kit tersebut dijual sepaket termasuk kepet dan tambahan kap mesin untuk siluet bodi yang lebih mengarah ke tema.

 

Selain itu Jimny “Little.D’ JAOS Motorsport tersebut juga memakai roof rack Hamer yang juga didatangkan dari Jepang dengan lampu LED.

 

 

Masih ada beberapa pernik yang bersifat melengkapi seperti lampu sein di spion dan foot step elektrik Suzuki Genuine Accessories yang secara otomatis akan keluar ketika pintu dibuka dan masuk begitu ditutup.

 

 

Interiornya sendiri juga mendapat sentuhan melalui sejumlah pernik dan bukan hanya lebih menarik secara visual tetapi juga menambah fungsi.

 

Seperti misalnya tempat penyimpanan di atas panel instrumen dan dekat konsol tengah yang berguna untuk meletakkan sesuatu seperti kartu tol dan itu tidak ada di Jimny standar.

 

 

Corak plat bordes di door trim memiliki fungsi agar door trim tidak lecet karena terkena kaki ketika keluar masuk mobil.

 

 

Tidak sampai di situ, joknya sudah dilapis kulit Nappa kerjaan Vertue Autoconcept yang tak lain karena terkenal rapi dalam pengerjaan.

 

 

 

 

Sektor mesin juga tidak kalah menariknya seperti knalpot HKS dan lebih menariknya turbo kit buatan Trust-Power yang notabene barang laris di Jepang sehingga susah didapat.

 

Setelah dipasang oleh Teddy juragan REV Engineering, turbo kit tersebut membuat tenaganya meningkat sekitar 90 HP sehingga “penyakit” Jimny yang notabene sulit berlari 100 km/jam sudah teratasi.

 

“Kalau pakai turbo ini enak buat di tol. 100 km/jam masih bisa.” ungkap Kris.

 

 

Selanjutnya upgrade kaki-kaki dan sasis untuk melengkapi kekurangan Jimny yang terkenal limbungnya bahkan untuk generasi sekarang.

 

Kaki-kaki juga turut dimodifikasi, dimulai dari sokbreker memakai produk buatan APIO yang notabene tuner spesialis Jimny asal Jepang, dan semenjak membeli 40 cm jadi sepaket dengan link stabilizer depan-belakang.

 

“Soalnya APIO di Jepang itu udah terkenal dari dulu dia udah mainnya Jimny, dari Jimny tua itu udah main, jadi kualitasnya udah terbukti.” jelas Kris.

 

Selain sokbreker, shock setir juga memakai APIO untuk melengkapi kekurangan setir Jimny yang terkadang suka lari menurut Kris.

 

 

Ban BFGoodrich BF3 225/75 meskipun memakai mud-terrain, menurut Kris masih ramah pemakaian jalanan karena tidak bising serta lebih empuk dan lebih menarik lagi ban tersebut membalut pelek langka Rays Alap-J 16 inci.

 

“Kebetulan ini yang limited dan di bibir ada hitam-nya.” kata Kris, “Cari di Jepang udah gak ada lagi.” tambahnya.

 

 

 

Untuk sasis sudah memakai strut bar di ruang mesin dan bagasi sehingga kestabilan Jimny di jalan tol yang menjadi kelemahan sudah teratasi.

 

“Kalau di tol kita laju kencang, ada mobil nyalip bisa getar." alasan Kris. "Strut bar itu membantu lebih rigid, biar gak goyang.” jawabnya.

 

Modifikasi seperti ini tentunya sangat berfungsi sebagai mobil demo pelanggannya bahkan Kris tidak ragu menawarkan pelanggannya untuk merasakan Jimny modifikasinya.

 

“Saya anjurin kalau mau coba aja mobil di sini (JAOS Motorsport), sekalian coba turbo-nya coba kaki-kakinya.” tutup Kris.

 

(Joule)