IIMS 2021 Bisa Terlaksana Asal Penuhi Beberapa Syarat

  • Oleh : ADV

Rabu, 23/Des/2020 14:26 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Rencana mewujudkan kerinduan pameran otomotif pertama setelah Indonesia ikut terimbas pandemi global Covid-19, mulai menemukan titik terang. Dyandra Promosindo mengabarkan persiapan pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS).

Menurut jadwal IIMS akan dilaksanakan pada 18 hingga 28 Februari 2021, dan mengambil lokasi di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat. Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo mengatakan, pameran tersebut tentunya akan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Baca Juga:
Ungkap Harga Jual Hingga Kerjasama Dengan BUMN, BYD Tunjukkan Keseriusannya di IIMS 2024

"Titik terang tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata di masa PSBB Transisi Bagi Kegiatan Pameran yang dikeluarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, nomor 526 tahun 2020," kata Hendra.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan SK tentu bukan perkara mudah. "Pemerintah yang memiliki kewenangan, menetapkan standar tinggi terhadap pengelola venue," kata pria yang akrab disapa KoHen dalam keterangan resminya. 

Baca Juga:
IIMS 2024: Laris Chandra Hadirkan Produk Perawatan dan Pewangi Kendaraan Terbaru

Menjadi pameran otomotif perdana setelah pandemi

Baca Juga:
Lebih Mewah dari Alphard, Toyota Resmi Rilis All-New Vellfire di Pameran IIMS 2024

Dalam hal ini, JIExpo Kemayoran dinyatakan memenuhi syarat dalam proses persiapan, inspeksi hingga tahap simulasi faktual dalam penerapan Prokes lengkap, berlapis dan komprehensif.  

Beragam fasilitas Prokes seperti ambulans, ruang isolasi, disinfectant chamber, alat screening suhu tubuh yang telah terkalibrasi, ruang P3K, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan, media informasi, rambu-rambu terkait penerapan Prokes, SOP serta Satgas Covid-19 akan disediakan.

"Surat Keputusan untuk JIExpo patut kita syukuri. Tetapi harus diiringi komitmen setiap penyelenggara event, untuk memperkuat dan mempertebal Prokes dalam hubungannya interaksi manusia," sebut KoHen.

Prokes itu juga termasuk tahap konstruksi booth, pembatasan jumlah pengunjung (crowd control), memperbesar gangway, dan pembatasan acara pendukung agar memastikan tidak akan terjadi kerumunan orang di luar ketentuan.

"Di atas kepentingan bisnis, Dyandra Promosindo bersama JIExpo mengedepankan faktor kesehatan dan keselamatan para pihak yang terlibat dalam pameran," tambah KoHen. 

Jarak gangway bakal diperlebar

Mencermati situasi pandemi yang tentunya masih dinamis, Dyandra dan JIExpo sepakat untuk menyiapkan antisipasi jika terjadi kondisi di luar kendali bersama (Force Majeure) yaitu kondisi pandemi Covid-19 dianggap masih belum kondusif untuk menyelenggarakan pameran. 

"Kami sangat siap menyambut IIMS 18-28 Februari 2021. Namun, kami telah siapkan jadwal cadangan di JIExpo untuk IIMS, 18 – 28 Maret 2021 dan 15 – 25 April 2021 demi memastikan IIMS 2021 tetap berjalan," jelas Ralph Scheunemann, Marketing Director JIExpo.

Ralph menjelaskan, dalam kondisi perizinan bergerak dinamis seperti sekarang, diperlukan jadwal cadangan. Agar calon peserta pameran IIMS memiliki rencana jelas manakala harus mempersiapkan konstruksi, konsep kendaraan display, salesman, program acara, SPG, mobilisasi tim hingga budgeting. 

"Sinergi dan kolaborasi itu juga diwujudkan dengan sikap respek dan menjaga planning setiap client IIMS. Kita berusaha keras menghindari pengumuman postponed (penundaan) berulang-ulang," pungkas Rudi MF Project Manager IIMS 2021. (EPS)