Sederhana, Nyaman, dan Stabil, Struktur Torsion Beam Axle Mazda SKYACTIV Raup Penghargaan

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 23/Des/2020 18:44 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 23 Desember 2020 – Arsitektur SKYACITV generasi baru Mazda di Mazda3 dan Mazda CX-30 sudah memakai struktur suspensi torsion beam axle yang diimprovisasi dengan teknologi produksi dengan efisiensi tinggi.

 

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Mazda Indonesia Gelar Service dan Promo Khusus Momen Lebaran

Suspensi torsion beam axle tersebut memiliki struktur sederhana, ringan, dan kompak untuk bagian belakang yang membuatnya seimbang antara handling dan kenyamanan berkendara.

 

Baca Juga:
Pasar Otomotif Tinggi, Mazda Akan Bangun Pabrik Perakitan Kendaraan di Indonesia

Pengembangan struktur hasil kolaborasi Mazda dan Wytech tersebut membuatnya meraih penghargaan Japan Society for the Promotion of Machinery Chairman's Award.

 

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

Penghargaan yang dikeluarkan oleh Japan Society for the Promotion of Machinery tersebut diberikan untuk pengembangan dan penelitian dengan kontribusi signifikan terhadap kemajuan dan perkembangan teknologi industri permesinan dari penerapan praktisnya.

 

"New Structure Torsion Beam Axle” didasarkan pada jenis torsion beam axle dengan struktur sederhana dan bobot ringan serta kekompakan pada suspensi belakang mobil untuk sensasi berkendara dan handling layaknya manusia menggerakkan badannya sendiri.

 

Struktur ini juga didasarkan pada kenyamanan berkendara terutama di jalan rata dan itulah mengapa cukup banyak manufaktur memakai suspensi torsion beam.

 

Pada metode manufaktur konvensional, center beam yang sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara di-press dari pipa baja, sehingga muncul permasalahan yaitu membuat kemampuan handling menjadi terbatas.

 

Namun pada teknologi ini dengan press forming dari bahan pelat baja, diameter dekat bagian tengah torsion beam dikurangi untuk mengurangi kekakuan torsi, namun kedua ujung di dekat roda diproduksi sebagai pipa baja dengan diameter besar dengan peningkatan kekakuan.

 

Dengan struktur itulah tercapai kenyamanan berkendara namun memiliki handling yang lentur dan menjadi sangat stabil.

 

Saat ini mengotomatiskan proses manufaktur pipa baja untuk keperluan umum sangat dievaluasi agar mampu mengurangi biaya produksi.

 

(Joule)