Tingkatkan Kenikmatan Berkendara, Mazda Improvisasi CX-30 di Jepang

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 25/Des/2020 18:24 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 17 Desember 2020 – Untuk meningkatkan kenikmatan, Mazda melakukan sejumlah improvisasi untuk CX-30 pasar Jepang.

 

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Mazda Indonesia Gelar Service dan Promo Khusus Momen Lebaran

 

Baca Juga:
Pasar Otomotif Tinggi, Mazda Akan Bangun Pabrik Perakitan Kendaraan di Indonesia

Pertama untuk mesin SKYACTIV X yang kini menjadi e-SKYACTIV X dalam arti mild hybrid. Jangan kecele dengan hybrid-nya tetapi perhatikan baik-baik apa saja yang diimprovisasi.

 

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

Mesin pembakaran dalam generasi baru yaitu SKYACTIV X telah ditingkatkan tenaganya dari 180 PS menjadi 190 PS. Pasokan udara supercharging secara presisi dikontrol dan responsivitasnya ditingkatkan ketika digas.

 

Semenjak mild hybrid, masih ada motor listrik AC synchronous dengan tenaga 6,5 PS dan baterai lithium ion 24V. Meski menjadi mild hybrid, varian transmisi manual tetap tersedia dan itu semakin menambah kenikmatan berkendara.

 

Untuk mesin Diesel, tenaganya juga ditingkatkan dari 116 PS menjadi 130 PS dan mengontrol untuk mengerahkan torsi yang bertenaga dalam kisaran kecepatan engine lebih luas, meningkatkan respons pada saat digas.

 

Dalam kondisi 3.000 rpm ke atas di mana gas diinjak dan dipercepat sekaligus seperti saat menyalip di jalan raya, seketika menghasilkan torsi yang lebih besar dan secara terus menerus menunjukkan akselerasi bertenaga yang merupakan kekuatan mesin Diesel.

 

Sambil mempertahankan efisiensi bahan bakar sebagaimana mesin diesel, kontrol pembakaran telah ditinjau ulang sehingga torsi diberikan tanpa penundaan untuk pengoperasian gas dan mobil merespons sesuai keinginan pengemudi.

 

Cruising & Traffic Support (CTS) yang telah diimprovisasi kecepatan maksimum pengoperasiannya bukan hanya lebih aman tetapi juga lebih nyaman dan itu untuk semua varian mesin.

 

Untuk pasar Jepang, CX-30 yang telah diimprovisasi mulai dibanderol dengan harga 2.392.500 Yen atau sekitar 328,7 Juta Rupiah untuk SKYACTIV-G, 2.887.500 Yen atau sekitar untuk SKYACTIV-D, dan 3.294.500 Yen atau sekitar 452,6 Juta Rupiah untuk SKYACTIV-X.

 

(Joule)