Khusus Perusahaan atau Instansi, Toyota Rilis Mobil Listrik C+pod

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 27/Des/2020 16:48 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 25 Desember 2020 – Toyota merilis mobil listrik pertamanya untuk pasar Jepang namun menargetkan perusahaan atau instansi yaitu Toyota C+pod.

 

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

 

Baca Juga:
Diproduksi Lokal, Mitsubishi L100 EV Jadi Kendaraan Niaga Ringan Paling Lengkap Fiturnya

(foto: Toyota)

Baca Juga:
Terinspirasi dari Awan, Mobil Listrik Baru Wuling Cloud EV Lebih Nyaman untuk Jarak Jauh

 

C+pod didesain sebagai opsi mobilitas yang mengarah kepada efisiensi terutama untuk berpergian jarak pendek dan itulah mengapa C+pod memiliki dimensi 2.490 x 1.290 x 1.550 mm (panjang x lebar x tinggi).

 

 

(foto: Toyota)

 

Kabin C+pod memiliki lebar interior 1.100 mm untuk dua orang dewasa duduk berdampingan. Permainan warna terang di atas warna dominan hitam pada interior menciptakan kesan lega melebihi dimensi aslinya.

 

Di atas center tray terdapat panel instrumen dilengkapi meteran dan peralatan fungsional lainnya. Sakelar juga dikonsolidasikan di panel tengah agar user-friendly.

 

Radius putar minimum 3,9 m membuat C +pod dapat menikung dengan sudut tajam di jalan sempit, meringankan setir saat parkir, dan memberikan keunggulan kemampuan manuver lainnya dalam keseharian berkendara.

 

Motor listrik C+pod berada di belakang dengan tenaga maksimum 9,2 kW dan torsi 56 Nm dan kecepatan maksimum 60 km/jam.

 

Di balik panel material eksterior plastik untuk membantu mengurangi bobot, terdapat kombinasi bodi yang kokoh dan ringan serta suspensi independen agar meredam guncangan ketika melewati permukaan jalan tidak beraturan. Kombinasi seperti ini menciptakan kualitas berkendara tinggi karena mampu berlari cepat namun stabil.

 

Selain itu baterai lithium-ion diletakkan di bawah lantai di depan kursi agar meminimalkan tonjolan pada lantai sehingga meningkatkan ruang interior.

 

 

(foto: Toyota)

 

C+pod sudah support fitur yang memudahkan pengisian daya baik di rumah maupun di luar rumah. Kabel pengisi daya yang disertakan (100/200 VAC) terhubung langsung ke stopkontak untuk pengisian daya.

 

(foto: Toyota)
 

Selain itu C+pod juga mencakup sistem catu daya eksternal hingga 1.500 W (100 VAC) sebagai standar untuk digunakan selama pemadaman listrik dan bencana alam.

 

Selain digunakan melalui stopkontak aksesori di dekat kaki penumpang, konektor daya opsional dapat dipasang ke inlet pengisian standar di bagian depan kendaraan untuk digunakan sebagai soket catu daya eksternal, yang dapat memasok daya hingga sekitar 10 jam

 

Meski kei-car, C+pod dilengkapi fitur keselamatan sesuai dengan standar Jepang. Struktur bodinya secara efisien menyerap energi benturan ke berbagai komponen sehingga lebih aman jika terjadi benturan depan, samping, atau belakang dam juga dirancang mengurangi cedera pejalan kaki apabila tertabrak.

 

C+pod juga sudah dilengkapi sistem keamanan pre-crash sebagai standar yang bekerja mendeteksi kendaraan lain (siang dan malam), pejalan kaki (siang dan malam), dan pengendara sepeda (siang) agar mengurangi peluang terjadinya tabrakan.

 

Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes (Objek Stasioner) juga disertakan untuk membantu menghindari tabrakan, atau mengurangi kerusakan dengan dinding dan rintangan lain dalam kecepatan rendah.

 

C+pod dibanderol mulai dari 1.650.000 Yen atau sekitar 224,8 juta Rupiah.

 

(Joule)