Seperti Keluar Diler, Restorasi Skyline GT-R R32 oleh Nismo Biayanya Fantastis Banget!

  • Oleh : edo

Senin, 04/Janu/2021 15:42 WIB


SoundandMachine.com (Tokyo) - Tak dapat dipungkiri, Skyline menjadi salah satu produk mobil berperforma tinggi terbaik yang pernah dibuat oleh Nissan. Hingga kini, hampir seluruh model Skyline telah menjadi incaran kolektor.

Banyak pemilik Skyline yang melakukan modifikasi pada mobilnya untuk dijadikan mobil balap. Namun, tidak sedikit pula pemilik Skyline yang melakukan restorasi total, agar mobil kesayangannya memiliki tampilan seperti dari diler saat kondisi baru.

Baca Juga:
Tingkatkan Kenyamanan Konsumen, Hyundai City Store Kedua Resmi Dibuka

Mengembalikan ke kondisi seperti dari diler

Baca Juga:
Hingga Belasan Juta Rupiah, Ini Besaran Insentif PPnBM Mitsubishi Xpander

Memenuhi kebutuhan restorasi tersebut, divisi motorsports dan performance milik Nissan, yang dikenal dengan nama Nismo, telah meluncurkan program "Restored Car" yang menawarkan pengerjaan untuk model Skyline GT-R R32. 

"Layanan baru ini melengkapi program Nismo Heritage Parts yang pertama kali diluncurkan pada 2017, yang menawarkan suku cadang pengganti untuk R32, R33 dan Skyline GT-R R34," terang Nismo.

Baca Juga:
Perhatikan Hal ini Ketika Melibas Banjir Menggunakan Sepeda Motor

Seluruh komponen akan dibongkar

Menariknya, Nismo akan melakukan proses restorasi dengan langkah-langkah seperti membuat mobil baru. Sebagai tahap awal, Nismo akan melepas seluruh komponen kendaraan yang menempel, mulai dari eskterior, interior hingga mesin.

Setelah bodi hanya menyisakan rangka, teknisi dari Nismo akan memeriksa kondisinya. Bila ditemukan karat, atau kerusakan lain, akan dilakukan perbaikan dengan sangat teliti dan detail.

Selanjutnya, tim Nismo akan melapisi seluruh bagian rangka dengan lapisan khusus, untuk memastikannya dapat memenuhi standar kelayakan sebelum mobil dicat ulang dengan warna aslinya atau corak baru yang dipilih pelanggan.

Proses seperti membuat mobil baru

Menariknya, mesin RB26DETT 2.600 cc twin-turbo enam silinder bawaan juga akan dibongkar. Bila dinilai ada komponen yang rusak, Nismo akan menggantinya dengan suku cadang asli, guna memastikan kinerjanya kembali seperti sedia kala. 

Pengujian kinerja mesin yang sudah diperbaiki juga tidak main-main, sebab, Skyline tersebut akan dites langsung di atas mesin dyno serta dijalankan dengan mengitari fasilitas pengujian Nismo, oleh pengemudi terlatih. 

Dites di trek khusus

Bagian transmisi pun turut dilakukan pengecekan untuk memastikan roda gigi yang berjalan (propshaft, differential, transfer case dan driveshafts) dalam kondisi terbaiknya.

Selain setelan standar, pelanggan juga dapat memilih setelan mesin yang sesuai dengan spesifikasi Nismo Skyline GT-R edisi terbatas pada saat itu. Selama pengujian di trek, mobil akan dibungkus dengan lapisan pelindung untuk memastikan cat baru tidak rusak oleh hantaman kerikil dan sebagainya.

Pengerjaan dilakukan secara detail

Tim Nismo, kemudian juga akan fokus untuk memastikan interiornya sesuai dengan standar, dengan mengganti material pelapis yang rusak. Jika pelapisnya tidak bisa diselamatkan, Nismo akan menggunakan bahan jok yang sama dari GT-R R35.

Mesin dioptimalkan lagi

Hal itu dilakukan, karena kain asli Skyline R32 dinilai tidak memenuhi standar tahan api modern, sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan lagi. Setelah proses restorasi selesai, Nismo akan menempelkan plakat khusus.

Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan? jawabannya tergantung dari jumlah pekerjaan yang dibutuhkan. Nismo mencantumkan harga referensi 45 juta yen, atau sekitar Rp 6 Miliar. Biaya tersebut sudah termasuk garansi selama satu tahun / 20.000 km. Fantastis juga yah! (EPS)