Miliki Tenaga Hingga 1.825 HP, Bugatti Bolide Bakal Melesat Bak Bola Meriam

  • Oleh : ADV

Selasa, 05/Janu/2021 10:07 WIB


SoundandMachine.com (Perancis) - Bugatti berencana untuk membuat sebuah hypercar anyar, yang bisa digunakan untuk menaklukkan berbagai sirkuit dengan bekal performa dan handling yang sangat mumpuni.

Bernama Bolide, hypercar tersebut saat ini sedang dalam tahap pengembangan dan telah hadir dalam wujud concept car. Menurut Stephan Winkelmann, presiden Bugatti, mengendarai Bolide akan seperti mengendarai bola meriam, yang melesat dengan sangat cepat.

Baca Juga:
Gabungkan Performa Tinggi dan Kemewahan, Bugatti Luncurkan Chiron Super Sport

"Jika Anda belum tahu, nama Bolide memiliki arti mobil balap jika diterjemahkan dari bahasa Prancis," tutur Stephan. Bila melihat spesifikasinya, apa yang dikatakan Stephan kemungkinan benar adanya.

Baca Juga:
Punya Tenaga Hampir 2.000 HP, Hennessey Venom F5 Siap Tembus 500 Km/jam

Desain futuristik

Sebagai tenaga penggerak, Bugatti akan menyematkan mesin 8.000 cc quad-turbo W16. Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga hingga 1.825 HP dan torsi 1.850 Nm. Tenaga tersebut lebih besar 345 HP dan 250 Nm dari Bugatti Chiron.

Tenaga dan torsi yang sangat besar itu, lantas disalurkan ke seluruh roda (Bugatti Bolide menggunakan penggerak semua roda) melalui transmisi kopling ganda tujuh percepatan. Khusus komponen penggerak roda, Buggati menggunakan material yang lebih ringan untuk penghematan bobot.

Memiliki mesin bertenaga besar, Bolide ternyata menggunakan bodi yang sangat ringan dan rendah guna menambah aerodinamika. Tinggi Bolide berukuran 995 mm, dengan material bodi yang dibuat dari serat karbon, titanium, dan berbagai bahan ringan lainnya untuk menghadirkan bobot hanya 1.240 kg.

Dibuat dengan material yang ringan namun kuat

"Sorotan lainnya termasuk paket aero yang komprehensif, dengan Bolide mampu menghasilkan 1.800 kg downforce di sayap belakang dan 800 kg di depan dengan kecepatan 320 km/jam," kata Stephan. 

Interior khas mobil balap

Berdasarkan simulasi, Bugatti memperkirakan Bolide akan mampu melahap Sirkuit Le Mans de la Sarthe dalam waktu 3 menit 7,01 detik dan Nürburgring Nordschleife hanya dalam 5 menit 23,1 detik. 

Menariknya, pabrikan asal Perancis tersebut juga berencana untuk membuat Bolite memiliki angka kecepatan tertinggi yang cukup fantastis, yakni lebih dari 500 km/jam. (EPS)