Gabungkan Performa Tinggi dan Kemewahan, Bugatti Luncurkan Chiron Super Sport

  • Oleh : ADV

Senin, 14/Jun/2021 17:44 WIB


SoundandMachine.com (Molsheim) - Produsen hypercar asal Perancis, Bugatti, baru saja meluncurkan model baru yang disebut Chiron Super Sport. Mobil ini memiliki posisi sebagai model pelengkap dari Chiron Pur Sport yang datang lebih awal. 

"Di mana yang terakhir (Pur Sport) lebih fokus pada dinamika menikung, Super Sport diarahkan dengan penyempurnaan menggabungkan kecepatan tertinggi dengan kemewahan untuk menciptakan grand tourer terbaik," tulis Buggati dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Miliki Tenaga Hingga 1.825 HP, Bugatti Bolide Bakal Melesat Bak Bola Meriam

Dari segi eksterior, model baru ini memiliki inspirasi dari Chiron Super Sport 300+, yang dinobatkan sebagai mobil Buggati terkencang dengan kecepatan 490.484 km/jam (304.773 mph) pada tahun 2019. 

Super Sport baru ini, berbagi sebagian besar gayanya dengan 300+, termasuk bagian depan yang dilengkapi side air curtains di fender untuk meningkatkan aliran udara ke lengkungan roda.

Selain itu, inspirasi lainnya terlihat pada lampu depan. Agar tampilannya makin sporty, Bugatti menyematkan satu set velg aluminium dalam desain palang lima Y eksklusif, dan tersedia dalam opsi diamond cut dan konstruksi magnesium.

Pindah ke belakang, Anda akan menemukan kesamaan terbesar dengan Super Sport 300+, karena bodywork yang direvisi lebih panjang 25 cm untuk lebih mengoptimalkan efisiensi aerodinamis. Diffuser juga dibuat mirip, lengkap dengan pipa knalpot desain bertumpuk.

Di dalam, Super Sport lebih cocok dengan Chiron standar, dengan kabin yang dihiasi dengan banyak aksen aluminium, lapisan kulit mewah dan sedikit serat karbon. Sebagai tenaga penggerak, Bugatti mempercayakan mesin 8.000 cc quad-turbo W16. 

Secara mekanis, Bugatti mengatakan telah melakukan beberapa modifikasi pada mesin tersebut, termasuk pada bagianturbocharger, pompa oli, dan kepala silinder. Lalu, RPM mesin juga dinaikkan 300 rpm menjadi 7.100 rpm.

Hasilnya, torsi puncak saat ini mencapai 1.600 Nm, dan dapat diakses pada rentang yang lebih luas antara 2.000 dan 7.000 rpm. Sementara tenaga yang dihasilkan, mencapai 1.577 hp.

Perubahan juga dilakukan pada transmisi, dengan gigi ketujuh sekarang menjadi 3,6% lebih panjang, sehingga akselerasinya benar-benar berubah dari keenam ke ketujuh pada 403 km/jam.

Bugatti mengklain, Super Sport memiliki kemampuan sprint lebih cepat 7% dibandingkan Chiron biasa. Waktu 0-200 km/jam adalah 5,8 detik dan lari hingga 300 km/jam membutuhkan 12,1 detik. 

Kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik 440 km/jam identik dengan Super Sport 300+, meskipun tanpa adanya pembatas, mobil dan ban Michelin Pilot Sport Cup 2-nya dapat menangani kecepatan hingga 500 km/jam.

Produksi Super Sport akan segera dimulai di fasilitas perusahaan di Molsheim, Prancis, dengan pengiriman dijadwalkan berlangsung pada awal 2022. Harga yang diminta, jika Anda tertarik, adalah 3,2 juta euro atau sekitar Rp 55 Miliar, sebelum opsi lainnya. (EPS)