Mantan Pembalap F1 Kamui Kobayashi Kerjakan Sendiri Upgrade Audio Mobilnya

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 05/Janu/2021 13:22 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 14 Desember 2020 – Mantan pembalap F1 Sauber 2010-2012, Kamui Kobayashi, ternyata mampu upgrade audio mobil dengan memasang komponen yang dilakukannya sendiri.

 

Baca Juga:
Mau Upgrade Audio Toyota Innova? Racikan Instalatur Peserta ENDURANCE BATTLE Bisa Jadi Inspirasi

 

Baca Juga:
Harga Terjangkau Kualitas Memukau, Pioneer Rilis Head Unit dan Speaker Terbaru di Indonesia

(foto: Pioneer)

Baca Juga:
Mau Upgrade Car Audio? 2 Brand Ini Tawarkan Promo Menarik di Indonesia Modification Expo 2021

 

Mobil yang diupgrade audionya oleh Kamui adalah Toyota Tundra dengan sejumlah produk car audio Carrozzeria dari Pioneer, seperti head unit Raku Navi AVIC-RZ911 dan subwoofer Carrozzeria TS-WX010A.

 

Langkah pertama adalah mengganti head unit yang diawali dengan melepas panel depan namun sebelumnya harus mencabut terminal negatif aki. Dengan melepas panel depan, berarti drink holder juga dilepas, kabel lighter dicabut, dan panel luar AC dilepas.

 

“Banyak sekali kabel, tapi saya bisa mencabut panel dengan lancar.” ungkap salah satu jawara World Endurance Championship 2019-2020 tersebut.

 

(foto: Pioneer)

 

Ketika mengganti head unit, Kamui mengakui kesulitan ketika melakukannya di dalam mobil, jadi dia mencabut semua kabelnya kemudian menggantinya di luar.

 

Kemudian wiring namun sebelumnya harus menyambungkan black lead wire di sistem navigasi mobil ke bagian metal pada bodi terlebih dahulu. Head unit bisa tersambung dengan kabel power dan untuk menyambung kabelnya, Kamui berpatok apabila warnanya sama.

 

(foto: Pioneer)

 

Head unit sudah terpasang, giliran pasang power subwoofer Carrozzeria TS-WX010A yang akan dipasang di sekitar ruang kaki. Untuk wiringnya, Kamui tidak merasa kesulitan karena bisa mengambil power dari head unit dan subwoofer tersebut kebetulan ramah untuk pemasangan oleh sendiri.

 

(foto: Pioneer)

 

Kembali ke head unit, setelah menentukan letak pemasangan, Kamui menyambungkan kabelnya, kemudian menyalakan mesin untuk mengetes apakah head unitnya bisa bekerja dan ternyata bisa.

 

(foto: Pioneer)

 

Setelah semuanya berfungsi, Kamui merapikan kembali dasbor yang sebelumnya dibongkar tersebut dan mulai tuning yang bisa dilakukan di smartphone melalui koneksi Bluetooth atau di head unit langsung.

 

Kamui mengaku puas atas upgrade audio yang dikerjakannya sendiri dan tentunya dengan dukungan oleh Pioneer.

 

(foto: Pioneer)

 

“Ketika saya bisa melakukannya sendiri, saya sangat senang bahwa saya merasa lebih terikat.” jelas Kobayashi. “Dengan memasangnya sendiri, ini adalah kesempatan bagus untuk memahami mobil saya dengan lebih baik.” tambahnya.

 

(Joule)