Tampil Ekstrem, Porsche 911 Garapan Singer Ini Siap Melibas Medan Off-road

  • Oleh : edo

Kamis, 07/Janu/2021 16:54 WIB


SoundandMachine.com (Los Angeles) - Selama ini, Singer Vehicle Design (Singer), rumah restorasi dan modifikasi khusus Porsche yang berlokasi di Los Angeles, Amerika Serikat, terkenal dengan hasil garapan Porsche 911 klasik yang 'kalem' dan bernuansa retro.

Namun, apa yang baru saja dikerjakan oleh Singer ini membuat siapa saja yang melihatnya bakal menggelengkan kepala. Pasalnya, Singer baru saja membuat 911 yang dimodifikasi ekstrem menjadi mobil off-road.

Baca Juga:
Bikin Tampilan Makin Sporty, Huber Era Suguhkan Paket Bodykit untuk Lamborghini Aventador

"Ini adalah Porsche 911 Reimagined by Singer yang bernama All-terrain Competition Study (ACS). Mobil tersebut mengambil basis 964 yang telah dikembangkan ulang sepenuhnya untuk balap off-road," terang Singer.

Baca Juga:
Inspirasi dari Tombol Spasi, Skuter Listrik Spacebar Miliki Tampilan Unik

Siap melibas medan off-road

Dalam membangun mobil ini, Singer banyak mengambil inspirasi dari Kejuaraan Reli Dunia. Menariknya, Singer juga menggandeng Tuthill Porsche. Perusahaan yang berbasis di Oxfordshire tersebut, dikenal memiliki spesialisasi membuat Porsche klasik untuk reli dan balap jalanan. 

Baca Juga:
Kabar Baik Bagi Pecinta Knight Rider, Mobil KITT Milik David Hasselhoff Bakal Dilelang

Porsche ACS sendiri menggunakan model 964 buatan tahun 1990. Sports car tersebut, lantas dipotong-potong di beberapa bagian bodinya, untuk diganti dengan panel berbahan serat karbon agar lebih ringan.

Rombakan bodi yang paling mencolok, tentunya terlihat pada bagian fender yang ukurannya menjadi lebih besar. Hal itu dilakukan agar velg aluminium ukuran 16 inci yang dibungkus dengan ban BFGoodrich ukuran tebal, dapat leluasa bergerak di kolong spakbor.

Suspensi canggih untuk menunjang performa

Sebagai ciri khas mobil off-road, Singer turut merubah bumper depan dengan desain yang lebih ramping, menggunakan bahan alumunium. Selain itu, juga terdapat mudflap depan, spoiler ducktail yang cukup besar, dan pipa knalpot kembar di tengah. 

Agar mumpuni di medan off-road, Singer membekali ACS dengan paket suspensi yang sangat mumpuni. Bila velg dibuka, akan terlihat suspensi long-travel dengan peredam ganda adjustable lima arah. Sebagai penghenti laju, Singer mempercayakan cakram rem baja berventilasi, yang dijepit oleh kaliper monoblok empat piston.

Dapur pacu tentunya juga mendapat porsi modifikasi yang utama. Mesin bawaan enam silinder 3.600 cc, telah dirombak dengan penyematan turbocharger simetris ganda dan throttle bodi individual fly-by-wire, ditambah water to air intercoolers.

Hasilnya, Porsche ACS memiliki semburan tenaga yang cukup besar. Singer mengatakan, output tenaga dapat disetel sesuai kebutuhan, tergantung pada event off-road yang akan diikuti, seperti Baja 1000 atau Reli Dakar. Tetapi dalam konfigurasi dasar, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 450 HP dan torsi 569 Nm.

Interior standar FIA

Tenaga tersebut, lantas disalurkan ke empat buah roda (All Wheel Drive) melalui transmisi dog-box lima percepatan. Berbekal transmisi canggih itu, pengemudi dapat berpindah gigi tanpa perlu melepaskan kaki dari pedal gas.

Di dalam, ACS telah dilengkapi dengan roll cage spek FIA. Selain itu, terdapat pula kursi kompetisi bersertifikasi FIA, sistem navigasi GPS dan sistem rehidrasi (botol minuman) untuk pengemudi dan penumpang.

Singer mengungkap, bahwa mobil ACS ini merupakan pesanan salah satu konsumen setianya. Mengenai harga, Singer enggan menjelaskan lebih lanjut, namun yang pasti biaya pembangunannya akan sangat mahal. Keren sob! (EPS)