Rasa Pameran Offline, Ini Gambaran Tokyo Auto Salon 2021 yang Diadakan Online

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 08/Janu/2021 17:07 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 8 Januari 2021 – Menggantikan event offline-nya yang dibatalkan, penyelenggara memutuskan Tokyo Auto Salon 2021 diadakan secara online.

 

Baca Juga:
Tetap Sesuai Jadwal, Pameran Otomotif IIMS 2021 Diadakan Virtual untuk Fase Pertama

Untuk pengadaan online-nya, penyelenggara membaginya menjadi dua yaitu Virtual Auto Salon untuk pamerannya dan Auto Salon TV untuk video-nya.

 

Baca Juga:
Eksplorasi Pameran Virtual HKS Premium Salon Online 2021, Begini Ternyata

Virtual Auto Salon 2021 akan menawarkan rasa ke pameran offline dengan teknologi tiga dimensi (3D) yang juga menggambarkan pameran masa depan.

 

Baca Juga:
Event Offline Batal, Tokyo Auto Salon 2021 Diadakan Virtual

(sumber: Tokyo Auto Salon)

Pengunjung pameran online dapat bebas menikmati venue untuk melihat pameran dan gambar serta suara akan lebih besar apabila mendekat ke layar layaknya berada di pameran offline.

 

Konsep 3D seperti ini memberi kesan pertama yaitu mengingatkan pameran virtual Adira Virtual Expo 2020 yang diadakan pada tanggal 12-29 November 2020 silam.

 

Namun perbedaannya dibanding Adira Virtual Expo 2020 yang relatif imajinatif, Virtual Auto Salon lebih melakukan pendekatan dunia nyata dimulai dari memakai Makuhari Messe layaknya pameran offline sebagai “venue” dalam pameran virtual.

 

Bagian indoor Makuhari Messe di-recreate dalam bentuk 3D untuk dijadikan “lokasi” pameran virtual sehingga menambah rasa ke pameran offline.

 

Pameran virtual tersebut dibuka mulai tanggal 15 Januari 2021 seperti pameran offline-nya namun dijadwalkan berakhir hingga 30 November 2021. Menurut penyelenggara, setidaknya akan ada 280 exhibitor yang tampil di booth virtual.

 

Sementara Auto Salon TV, pada tanggal 16-17 Januari 2021 akan ada lebih dari 100 mobil unik yang dipamerkan selama dua hari live broadcast, sekaligus mengenai effort pembuatan mobil oleh exhibitor.

 

Untuk mengaksesnya hanya perlu internet saja, tanpa ada akses seperti aplikasi atau software yang harus diunduh dan akan terus diupdate.

 

Meski demikian, perhatikan OS yang direkomendasikan apabila berminat untuk menonton pameran virtualnya,

 

◆ Recommended OS

・ Smartphone / Tablet: iOS / Android latest version

・ PC: Windows / MacOS latest version

 

◆ Recommended browsers

/ smartphones / tablets: Google Chrome / Microsoft Edge / Mozilla Firefox / Safari

/ PC: Google Chrome / Microsoft Edge / Mozilla Firefox / Safari

 

Virtual Auto Salon dapat diakses di https://2021.virtualautosalon.jp/ dan Auto Salon TV di https://www.tokyoautosalon.jp/2021/tv/ . Ingat, acara online ini bebas biaya.

(Joule)