Rayakan Usia Seperempat Abad, Porsche Rilis Boxster Edisi Khusus

  • Oleh : ADV

Jum'at, 15/Janu/2021 14:02 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Porsche mulai memperkenalkan model Boxster kepada dunia pada tahun 1996. Diluar dugaan, sportscar roadster tersebut ternyata mampu menarik perhatian para pecinta otomotif.

Bahkan saking populernya, Boxter mampu membantu mengubah nasib buruk perusahaan yang sempat terguncang pada awal 1990-an. "Antara tahun 1996 dan 2003, itu adalah model terlaris perusahaan sampai Cayenne datang, dan menjadi produk utama kami sampai sekarang," tulis Porsche dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Mobil Listrik Terbaru BYD Jenis MPV Tujuh Penumpang Siap Meluncur di GIIAS 2024

Menggunakan basis 718 GTS 4.0

Baca Juga:
Spek Lebih Kompetitif, YouTuber Off-road Jejelogy Siap Tempur di Ajang Reli AXCR 2024

Dalam empat generasi, lebih dari 357.000 unit mobil sport mid-engine telah diproduksi hingga saat ini. Sebagai langkah untuk menandai ulang tahun ke 25 Boxster, Porsche akhirnya meluncurkan Boxster 25 Years (Boxster 25 Jahre di Jerman).

Diproduksi secara terbatas hanya 1.250 unit di seluruh dunia, model baru ini didasarkan pada 718 Boxster GTS 4.0. Menariknya, mobil ini memiliki banyak fitur desain yang terinspirasi oleh konsep Boxster asli yang sempat dipresentasikan di Detroit Motor Show 1993.

Baca Juga:
GIIAS 2024: Hadirkan DNA 4x4 yang Melegenda, Suzuki Akan Boyong Kendaraan Listrik Konsep eVX

Paling kentara, warna hero dari GT Silver Metallic yang membuat mobil edisi khusus tersebut tampil dengan nuansa 'retro'. Jika calon pembeli kurang menyukai warna tersebut, disediakan warna alternatif Jet Black Metallic dan Carrara White Metallic.

Logo khusus di beberapa bagian

Porsche juga menyematkan logo "Boxster 25" yang dirancang khusus di beberapa bagian. Menyempurnakan tampilan, pabrikan asal Jerman tersebut melengkapinya dengan velg lima-spoke berukuran 20 inci. 

Sama seperti show car 1993, Boxster 25 Years menerima interior kulit Bordeaux Red dan atap roadster merah yang terbuat dari kain. Agar semakin ekslusif, Porsche juga memberikan emboss "Boxster 25". Selain merah, disediakan juga warna atap hitam. 

Interior dengan dominasi warna merah

Item kabin lainnya termasuk paket interior Aluminium Brushed, kursi sport 14 arah yang dapat disetel secara elektrik, lalu trim pintu dan roda kemudi kulit sport GT multifungsi yang didesain khusus.

Sebagai tenaga penggerak, Boxster edisi khusus menggunakan mesin flat-six 4.000 cc Naturally Aspirated. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 394 HP dan torsi 420 Nm.

Diproduksi dalam jumlah terbatas

Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam percepatan atau otomatis PDK tujuh percepatan. Khusus transmisi otomatis, akselerasi dari posisi diam hingga 96 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 3,8 detik.

Agar handling makin mumpuni, Boxster 25 Years juga hadir dengan suspensi Porsche Active Suspension Management (PASM). Menggunakan suspensi tersebut, ground clearancenya bisa menjadi 10 mm lebih tinggi dibandingkan dengan 718 Boxster biasa. (EPS)