Meski Dalam Kondisi Pandemi, Mobil Bekas Daihatsu Tetap Diburu Masyarakat

  • Oleh : ADV

Sabtu, 16/Janu/2021 13:55 WIB
Daihatsu Sigra (Mobil88) Daihatsu Sigra (Mobil88)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, mobil bekas berkualitas ternyata masih banyak diminati masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah karena transportasi umum berpotensi menjadi kluster penyebaran virus, sehingga tak lagi dijadikan pilihan utama.

Kebutuhan moda transportasi lantas digantikan oleh kendaraan pribadi, dan Daihatsu tetap menjadi pilihan masyarakat di pasar mobil bekas. Menurut, data PT Balai Lelang Asta Natra Jaya (AUKSI) tahun 2020 menunjukkan, Daihatsu sebagai brand terlaris nomor 2 (19%) untuk pasar mobil bekas. 

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Tidak jauh berbeda, di Mobil88 yang mengelola bisnis used car Astra, Daihatsu juga tercatat sebagai peringkat 2 penjualan setiap tahunnya dengan kontribusi 16% dari total penjualan di Mobil88. 

"Dari semua lini produk yang ada, kendaraan jenis MPV menjadi model yang paling diminati calon konsumen, karena kapasitas yang besar baik dalam hal penumpang maupun barang," ujar Elvina Afny, Head of Customer Satisfaction & Value Chain Division, PT Astra Daihatsu Motor.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Selain paling banyak diminati, Elvina mengatakan bahwa mobil bekas Daihatsu juga tidak butuh waktu lama untuk cepat laku. Tercatat rasio perputaran mobil merek Daihatsu di showroom Mobil88 kurang dari 1 bulan, kisaran 2-3 minggu saja sudah bisa terjual kembali setelah diakuisisi.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Showroom Mobil88

"Hal ini tentunya menjadi pertimbangan bagi masyarakat yang akan membeli kendaraan baru. Saat ini, banyak orang membeli mobil bukan hanya sekedar gaya atau alat transportasi semata, tetapi juga investasi," katanya. 

Selain karena faktor merek favorit dan cepat terjual, customer tentu pilih mobil yang memiliki harga jual kembali (resale value) yang baik. Artinya, saat terjual kembali, memiliki tingkat depresiasi yang rendah. 

"Daihatsu menyarankan customer memilih merek mobil terpercaya yang menawarkan beragam kemudahan dan layanan jual dan purna jual yang baik, sehingga menjadi investasi saat akan dijual kembali dengan resale value yang bagus dan memiliki depresiasi yang rendah," pungkas Elvina. (EPS)