Mantap! Makin Modern dan Gunakan Tenaga Listrik, Renault 5 Bakal Dihidupkan Lagi

  • Oleh : ADV

Senin, 18/Janu/2021 16:34 WIB


SoundandMachine.com (Perancis) - CEO Renault yang baru diangkat, yakni Luca de Meo, baru-baru ini mengatakan bahwa produsen mobil asal Perancis tersebut akan menghidupkan kembali beberapa mobil terlarisnya pada beberapa dekade lalu.

Menariknya, beragam model tersebut akan terlahir sebagai kendaraan listrik, salah satunya adalah Renault 5. Sebagai langkah untuk mewujudkannya, Renault bahkan sudah membuat sebuah prototype. 
 
Dalam sebuah wawancara secara digital, direktur desain Renault, Gilles Vidal menggambarkan, bahwa Renault 5 anyar akan hadir sebagai city car kompak yang menawan, dan mampu mengingatkan kembali ke sosok R5 yang ikonik, namun tetap mempertahankan karakternya yang menyenangkan. 

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Renault 5 lawas

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

"Desain Prototipe Renault 5 didasarkan pada R5, model kultus warisan kami. Prototipe ini hanya mewujudkan modernitas, kendaraan yang relevan dengan masanya. Yakni perkotaan, listrik, dan atraktif," katanya.

Renault 5 sendiri adalah city car empat penumpang dengan pilihan body tiga atau lima pintu. Menggunakan mesin dengan penggerak roda depan, hatchback tersebut diproduksi dan dipasarkan oleh Renault selama dua generasi, 1972-1985 (disebut R5) dan 1984-1996 (disebut Super 5 atau Supercing). 

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Tampilan makin modern

Saking populernya, Renault 5 bahkan sempat menjadi mobil terlaris di Perancis dari tahun 1972 hingga 1986, dengan total produksi melebihi 5,5 juta selama periode 14 tahun.

Sayangnya, selain potongan-potongan gambar yang berbedar di dunia maya, Renault belum mengungkap lebih jauh mengenai spesifikasi. Bila dilihat, bentuknya memang menjadi lebih modern dengan aura klasik yang tetap terasa.

Masih memiliki aura klasik

Renault juga menggunakan elemen gaya dari desain aslinya, untuk menyembunyikan fitur modern. Misalnya, asupan udara di bagian kiri atas kap, sebetulnya untuk menyembunyikan port pengisian daya listrik.

Sementara lampu kabut depan, sekarang menjadi lampu LED daytime running. Rencananya, rincian lebih lanjut dari Renault 5 baru akan dirilis akhir tahun ini. Gimana sob? Lebih keren kah bentuknya? (EPS)