Masuki Usia 17 Tahun, Daihatsu Optimis Xenia Masih Jadi Pilihan Masyarakat

  • Oleh : ADV

Selasa, 19/Janu/2021 12:16 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Tak terasa Daihatsu Xenia sudah menemani mobilitas masyarakat Indonesia selama 17 tahun. Sejak peluncurannya pada tahun 2004, Xenia telah menjadi salah satu mobil MPV tujuh penumpang favorit.

Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, kehadiran Xenia dianggap mampu memikat pasar otomotif tanah air dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. 

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

"Sesuai dengan tagline Xenia, yakni Sahabat keluarga, Xenia diproduksi Astra Daihatsu Motor dengan menyesuaikan karakteristik kebutuhan keluarga Indonesia. Mulai dari tampilan, fitur, sampai dengan layanan purna jual," tuturnya.

Daihatsu mencatat, sepanjang Januari hingga April 2020, Xenia menjadi Low MPV terlaris ketiga dan telah terjual lebih dari 5.000 unit dengan pangsa pasar 10,1 persen dalam kurun waktu empat bulan.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Sementara hingga akhir 2020, penjualan Daihatsu didominasi oleh 3 model utama, yaitu Sigra dengan capaian sebanyak 26.219 unit (berkontribusi 26,2%), diikuti oleh Gran Max Pick-Up 24.297 unit (24,3%), dan Terios 14.493 unit (14,5%). 

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Menjadi salah satu model favorit

Selanjutnya ada Ayla sebanyak 12.791 unit (12,8%), Gran Max Mini-Bus 10.179 unit (10,2%), dan Xenia sendiri berada di posisi keenam dengan 9.231 unit (9,2%). Anjar mengatakan, Daihatsu merasa optimis bahwa Xenia masih diterima oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi, Xenia generasi terbaru telah dibekali bermacam fitur canggih. Diantaranya adalah pengaturan AC pada Xenia menjadi lebih mudah dan nyaman dengan digital AC. Xenia juga memiliki head unit touchscreen dan steering switch yang mempermudah pengendara saat melakukan pengaturan audio. 

Mendukung hal ini, jumlah speaker pada Xenia dibuat lebih banyak, juga peningkatan kekedapan pada kabin, sehingga kualitas suara menjadi lebih baik untuk seluruh penumpang. Selain itu, pengisian baterai gadget juga semakin mudah dengan power outlet di baris pertama dan kedua. 

Sebagai pendukung keamanan berkendara, Xenia sudah dilengkapi dengan fitur speed sensing auto door lock yang akan mengunci seluruh pintu kendaraan saat kecepatan mobil mencapai 20km/jam, serta akan membuka kunci secara otomatis ketika mesin dimatikan. 

Untuk aspek keselamatan, selain Dual SRS Air Bag, Xenia juga dilengkapi fitur ABS dan EBD untuk performa pengereman yang lebih baik. Perawatan purna jual Xenia juga tentunya sangat mudah karena Daihatsu memiliki layanan pembelian spare part, pengecekan berkala, sampai layanan service mobil. 

Seluruh layanan ini dapat diperoleh di daerah manapun di seluruh Indonesia. "Sebagai Sahabat Keluarga, Xenia sudah terbukti kehandalannya dan keistimewaannya selama 17 tahun. Kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu," pungkas Anjar. (EPS)