Porsche Luncurkan Taycan RWD Versi Murah di Amerika Serikat dan Eropa

  • Oleh : edo

Rabu, 20/Janu/2021 17:11 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Produsen mobil berperforma tinggi asal Jerman, Porsche, pertama kali meluncurkan versi penggerak roda belakang (RWD) dari model Taycan di China pada Juni tahun lalu.

Keputusan Porsche meluncurkan Taycan versi entry level tersebut, dilakukan sebagai uapaya untuk menghadirkan harga Taycan yang lebih murah agar kaum menengah di China lebih tertarik daripada memilih Tesla.

Baca Juga:
Bukan Hanya Indonesia, Di Jepang Honda Jazz RS juga Ditiadakan

Kini, dalam rangka menggarap pasar yang lebih luas, Porsche akhirnya juga memperkenalkan Taycan RWD di pasar Amerika Serikat dan Eropa. Seperti diketahui, untuk model Taycan 4S, Taycan Turbo dan Taycan Turbo S semuanya menggunakan penggerak all wheel drive (AWD).

Baca Juga:
Suzuki Siapkan Beragam Mobil Baru di 2021, Ini Bocorannya

Menurut Porsche, Taycan RWD untuk pasar Amerika Serikat dan Eropa akan ditawarkan dalam dua pilihan baterai. Pertama adalah single-deck Performance Battery yang memiliki kapasitas 79,2 kWh. 

Baterai ini mampu menawarkan jangkauan hingga 431 km. Sementara motor listrik yang dipasang di bagian belakang, mampu memberikan output tenaga hingga 240 kW atau setara 322 HP hingga 300 kW atau setara 402 HP dalam mode overboost dengan launch control.

Baca Juga:
Dapat Sentuhan Baru, Honda CRF250 Rally Kini Lebih Tangguh

Pilihan baterai berikutnya, mampu memberikan dorongan tenaga yang lebih besar. Dinamakan double-deck Performance Battery Plus, baterai tersebut memiliki kapasitas sebesar 93,4 kWh dengan jangkauan hingga 484 km. 

Menggunakan baterai tersebut, Taycan RWD memiliki tenaga hingga 280 kW atau 375 HP dan 350 kW atau setara 469 hp dalam mode overboost. Kedua jenis baterai tersebut, mendukung pengisian daya AC 22 kW (melalui koneksi Tipe 2).

Menariknya, Porsche juga menyediakan pengisian cepat DC (melalui koneksi CCS Combo 2). Porsche mengatakan bahwa dengan menggunakan pengisian DC, hanya perlu 22,5 menit untuk mencapai keadaan pengisian daya 0-80%, dengan lima menit pertama dicolokkan untuk menyediakan jarak sekitar 100 km.

Dalam hal perlengkapan standar, Taycan RWD dilengkapi dengan velg Aero 19 inci, dan lampu depan LED. Sebagai komponen penghenti laju, Porsche menyematkan rem cakram berukuran 360 mm dan kaliper enam piston di bagian depan, serta cakram 358 mm dan kaliper empat piston untuk bagian belakang.

Rencananya, pengiriman RWD Taycan akan dimulai dari pertengahan Maret tahun ini, dengan harga di Jerman mulai dari 83.520 euro atau setara Rp 1,4 miliar. Harga tersebut jauh lebih murah daripada Taycan 4S yang dijual seharga 106.487 euro atau senilai Rp 1,8 miliar. 

Sementara di Amerika Serikat, Taycan RWD akan dijual dengan harga USD79.900 atau senilai Rp 1,1 miliar (sebelum pajak). Sementara Taycan 4S di sana dijual mulai dari USD103.800 atau Rp 1,4 miliar. (EPS)