Dibekali Motor Listrik Bertenaga Besar, Audi Pastikan e-tron GT Bakal Meluncur Bulan Depan

  • Oleh : edo

Selasa, 26/Janu/2021 12:45 WIB


SoundandMachine.com (Stuttgart) - Produsen mobil asal Jerman, Audi, secara resmi telah mengonfirmasi bahwa e-tron GT akan melakukan debut globalnya pada 9 Februari 2021 mendatang.

Marc Lichte, kepala Desain Audi, sedan empat pintu yang menggunakan sistem elektrik tersebut merupakan produk yang ditunggu-tunggu oleh calon konsumen. Mobil tersebut, awalnya hadir dalam bentuk konsep pada Los Angeles Auto Show 2018, dan langsung mencuri perhatian pengunjung.

"e-tron GT adalah sebuah gran turismo. Istilah ini awalnya memiliki arti sebuah mobil sport yang cocok untuk balapan jarak jauh. Namun model GT pada e-tron berbeda dari mobil sport murni, karena menawarkan kenyamanan dan interior yang lebih besar," kata Lichte.

Miliki tenaga besar

Sebagai permulaan sebelum acara peresmian dilakukan, Audi telah meluncurkan beberapa potongan gambar resmi di dunia maya. Litchte menyebut, desain e-tron GT mewakili interpretasi ulang dari frasa "Vorsprung durch Technik".

"Bentuk mengikuti fungsi, estetika muncul dari efisiensi. Bahasa desain baru menciptakan aliran yang lebih kuat dan karenanya menciptakan aerodinamika yang halus. Dengan demikian, desain e-tron GT menjadi dasar untuk desain model listrik masa depan," kata Lichte.

Sayang, Audi belum mengungkap lebih jauh mengenai spesifikasi lengkap dari e-tron. Namun, kita sudah tahu bahwa e-tron GT dibangun di atas platform J1 yang sama dengan Porsche Taycan, dan menggunakan dua motor listrik.

Versi produksi massal bakal mirip dengan konsep

Khusus e-tron versi RS, tenaga yang dimilikinya berada di angka 590 HP dan torsi 830 Nm. Angka tersebut mendekati tenaga yang dimiliki Taycan Turbo dengan 617 Hp dan torsi 850 Nm.

Lichte menambahkan, paket baterai yang menggerakkan motor listrik e-tron juga sana dengan yang digunakan oleh Taycan, yakni berupa unit lithium-ion 83,7 kWh dengan perkiraan jangkauan 400 km pada siklus WLTP. 

"Ini akan mendukung pengisian cepat 350 kW DC dan dapat diisi ulang hingga 80% hanya dalam 22,5 menit. e-tron juga memiliki kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik," pungkas Lichte. (EPS)