Identik Motorsport, TRD Tawarkan Paket Audio untuk Toyota Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 02/Feb/2021 20:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 2 Februari 2021 – In-house tuner yang memiliki latar belakang motorsport umumnya merilis produk performa tinggi seperti misalnya mesin dan kaki-kaki.

 

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Di luar itu, setidaknya mereka merilis parts eksterior, paling tidak gaya sporti dan durabilitas produknya. Sementara soal aerodinamik, bisa mengarah performa atau sebatas kosmetik.

 

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Parts interior mereka juga rilis paling tidak agar kabin memiliki rasa dan suasana sporti. Namun faktanya, meski berlatar belakang motorsport, in-house tuner satu ini juga menawarkan upgrade audio, yaitu Toyota Racing Development (TRD).

 

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Untuk pasar Jepang (JDM), TRD menawarkan produk audio ke lini produknya dan itu tertera di website resminya. Komponennya sendiri buatan salah satu manufaktur audio ternama yaitu JBL, yang juga supplier OEM audio untuk mobil Toyota tertentu.

 

 

 

(sumber: TRD)

Komponen audio JBL yang dimasukkan oleh TRD yaitu speaker berukuran 16 cm dengan woofer coaxial 2-way structure, rated input 55 W, maximum input 165 W, sound pressure level 92 dB/Wm dan impedance 3 ohm.

 

TRD mengklaim bahwa speakernya tersebut menghasilkan treble yang halus dan woofer-nya menghasilkan bass lebih padat dengan area cone lebih lebar.

 

(sumber: TRD)

Semenjak opsi manufaktur, tentunya speaket dengan vehicle mounting bracket sehingga untuk pemasangan benar-benar plug and play. Tidak semua mobil Toyota JDM memiliki opsi upgrade speaker, karena hanya mobil tertentu seperti Hilux, Corolla, Corolla Touring, dan C-HR.

 

Untuk Toyota Sienta juga tersedia dengan speaker yang sama termasuk impedance-nya namun hanya bagian depannya saja, sementara speaker belakang berukuran 10 cm dengan spesifikasi rated input 35 W, maximum input 105 W, dan sound pressure level 90 dB/Wm.

 

(foto: TRD)

Uniknya, TRD juga menjual portable speaker JBL TRIP ke lini produknya yang tidak membutuhkan penggantian komponen bahkan pada dasarnya tidak khusus untuk mobil.

 

Hanya saja pengait di belakang portable speaker tersebut membuatnya bisa diletakkan di antara sun visor, paling tidak hanya sebatas menunjukkan bahwa produknya juga didesain untuk mobil.

 

Selain itu yang membuatnya didesain untuk mobil adalah koneksi Bluetooth version 3.0 untuk input suara dari smartphone atau tablet dan itu dilengkapi noise cancelling system unik.

 

Semenjak tidak support dengan koneksi Bluetooth lebih dari satu device, apabila dikoneksikan ke ponsel sebaiknya memakai holder untuk menaruh hardware-nya agar memudahkan menjawab panggilan masuk.

 

Portable speaker tersebut menggunakan baterai 1.200 mAh Lithium-ion dengan kemampuan memutar musik selama 8 jam, menerima telefon 20 jam, dan standby hingga 800 jam tergantung pemakaian.

 

(Joule)