Unggul di Lightweight Dari Desain Palangnya, SSR Rilis Pelek GTX04

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 07/Feb/2021 20:34 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 26 Januari 2021 – Speed Star Racing (SSR), rilis pelek model lightweight untuk seri GT yaitu SSR GTX04.

 

Baca Juga:
Pelek SSR Devide Xrosswuch, Pertegas Kesan Tangguh Sebuah SUV

Umumnya pelek bisa menjadi lightweight dari materialnya saja, tetapi GTX04 berawal dari setiap detail pada desain yang berkontribusi mengurangi bobot namun tetap kuat atau kaku.

 

Baca Juga:
Sporti Dengan Desain Tajam SSR Wheels Rilis Reiner Type 10R dan 10S

(foto: SSR)

Bagian melintang pada palang dirancang kecil agar lebih meringankan bobot pelek. Itulah mengapa permukaan atasnya sangat tipis hingga membuatnya terlihat sangat ringan.

 

Meski demikian, kekuatan atau rigiditasnya tetap diperhatikan dari struktur pada bagian rusuk palang yang berada dalam satu bagian pelek.

 

(foto: SSR)

Ketebalan bagian tengah pelek 1-piece tersebut dikurangi, dop dibuat opsional, termasuk “daging” pada permukaan dikikis baik di bagian wajah maupun dudukannya sehingga bobotnya akan berkurang lebih signifikan.

 

Untuk mengurangi bobot, palang yang terhubung dengan bagian tengahnya didesain lebih pendek menyesuaikan ukuran rem dan ruang kosong dari masing-masing mobil.

 

(foto: SSR)

Bagian dalam pelek juga dibuat tipis dengan menggunakan teknologi flow forming FFT-R yang memiliki proses pembuatan pelek forged layaknya casting. Setelah ditinjau kembali profil peleknya, pengurangan bobot lebih jauh telah tercapai.

 

(foto: SSR)

Berdasarkan analisis kekuatan yang ketat, bagian yang tidak perlu di bagian belakang palang juga turut dihilangkan. Selanjutnya, proses shot peening ditambahkan setelah pemotongan yang memperkuat permukaan dan meningkatkan kekuatan. Cross-sectional area dapat dikurangi 13%, dan berat berkurang secara signifikan sekitar 400g per piece.

 

dari kir ke kanan: semi-concave, concave, dan super concave (foto: SSR)

 

(foto: SSR)

GTX04 tersedia ukuran 18-19 inci dengan tiga wajah berbeda yaitu semi-concave, concave, dan super concave yang notabene bagian tengahnya paling masuk.

 

(Joule)