Rolls-Royce Rayakan Usia 110 Tahun Spirit of Ecstasy, Ini Bentuk Awalnya!

  • Oleh : ADV

Rabu, 10/Feb/2021 13:24 WIB


SoundandMachine.com (Inggris) - Tak dapat dipungkiri, salah satu bagian yang membuat sebuah mobil Rolls-Royce makin berwibawa dan mewah adalah sebuah logo di ujung kap mesin, yang dikenal dengan nama Spirit ot Ecstasy.

Seiring berjalannya waktu, logo yang menggambarkan sosok perempuan tersebut, telah menjadi simbol kemewahan untuk para miliuner di seluruh dunia. Kini, logo tersebut telah memasuki usia ke 110 tahun.

Baca Juga:
Ada Unit Test Drive-nya, Ini Dia Sederet Mobil Listrik Baru yang Akan Hadir di Pameran PEVS 2024

"Sebagai sebuah lambang, Spirit of Ecstasy mewakili lebih dari sekedar perusahaan dan produk kita. Bagi pelanggan kami, dia adalah simbol yang kuat, secara langsung dan diakui secara universal - kesuksesan, usaha keras, pencapaian dan kedudukan," ujar Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive Officer, Rolls-Royce Motor Cars.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

Logo awal yang dinamakan Whisper

Lebih lanjut ia mengatakan, pada tahun 1909, Lord Montagu dari Beaulieu yang merupakan salah satu pelopor otomotif Inggris, menugaskan Charles Sykes (seorang pematung) untuk membuat maskot di Rolls-Royce Silver Ghost miliknya.

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

Sykes lantas menghasilkan patung perunggu seorang wanita muda berjubah berkibar, yang dia beri nama Whisper. Pada tahun 1911, Sykes lalu ditugakan untuk merancang maskot resmi Rolls-Royce. 

Pria yang juga bertugas sebagai ilustrator di sebuah majalah otomotif tersebut kemudian menafsirkan ulang The Whisper, sehingga menciptakan apa yang kemudian dikenal sebagai Spirit of Ecstasy.

Menjadi ciri khas Rolls-Royce

"Kekayaan intelektual desain tersebut didaftarkan pada 6 Februari 1911, yang menjadi ciri khas brand Rolls-Royce dan salah satu simbol kemewahan yang paling terkenal, ikonik, dan diinginkan di dunia," jelas Torsten.

Patung-patung Spirit of Ecstasy yang pertama memiliki dimensi setinggi tujuh inci (18cm). Namun kini, ukurannya semakin diperkecil hingga memiliki tinggi tiga inci (9.5cm). 

Proses pembuatan Spirit of Ecstasy

Logo tersebut diletakkan dengan ekslusif di tempat khusus di kap mesin. Begitu mesin menyala, logo tersebut akan bergerak muncul ke atas dengan mulus dan anggun oleh mekanisme canggih yang dikenal sebagai 'the rise'.

"Di dalam perusahaan kami, Spirit of Ecstasy menumbuhkan kebanggaan dan semangat korps, menyatukan dan memberdayakan keluarga Rolls-Royce di seluruh dunia. Dia mengingatkan kita tentang warisan dan prinsip kita, dan kebesaran yang menginspirasi dalam diri kita semua," pungkas Torsten. (EPS)