Lakukan Flush Oli Matik, Agar Transmisi Mobil Peugeot Anda Makin Awet

  • Oleh : ADV

Jum'at, 12/Feb/2021 11:38 WIB
Ilustrasi flush oli matik Ilustrasi flush oli matik

SoundandMachine.com (Jakarta) - Boleh dibilang, gearbox atau transmisi merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam sebuah mobil. Saat ini, mobil-mobil keluaran terbaru, termasuk Peugeot, lebih banyak yang dilengkapi transmisi otomatis atau matik.

Tidak seperti manual, perawatan transmisi matik harus lebih diperhatikan, karena transmisi matik memiliki mekanisme yang lebih rumit di dalamnya. Karena sering bergesek, gram atau bubuk sisa gesekan akan bersarang hingga berisiko mengganggu kinerjanya.

Baca Juga:
Toyota Gandeng Idemitsu Buat Baterai Teknologi Baru Untuk Mobil Listrik Produksi Massal

Oleh sebab itu, agar performanya kembali meningkat biasanya dilakukan penggantian pelumas sesuai waktu interval peggantiannya. Sekedar informasi, penggantian pelumas reguler kurang maksimal lantaran masih ada gram di dalam gearbox tidak ikut terbuang. 

Sehingga, dibutuhkan proses flushing atau pembersihan kontoran di dalam transmisi, agar bagian di dalamnya lebih bersih. Langkah ini, harus dilakukan untuk memaksimalkan kerja gearbox matik yang banyak diaplikasi mobil-mobil Peugeot. 

Baca Juga:
Jadi Inspirasi Multiguna, Wuling Tampilkan Beragam Special Display Air ev di GIIAS 2023

"Makanya agar performanya meningkat, transmisi matik disarankan untuk di flush secara berkala," jelas Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter. Menurutnya, Peugeot bertransmisi matik sebaiknya dilakukan tiap interval 40,000 km. 

Baca Juga:
Banyak Hadiahnya, Oli Eneos Luncurkan Aplikasi Game Balap Versi Terbaru untuk Smartphone

Lakukan flush oli matik secara berkala

Lebih lanjut ia menjelaskan, proses flush transmisi matik berbeda dengan ganti oli transmisi matik pada umumnya karena membutuhkan oli yang lebih banyak. "Sebab, pelumas yang sudah terkontaminasi benar-benar dikuras," katanya. 

Sebagai gambaran, proses ganti oli transmisi matik hanya dibutuhkan oli 4 liter, hanya untuk mengganti oli yang ada dipenampungan. Sedangkan flush transmisi matik perlu didukung alat khusus, sehingga volume pelumas yang biasanya sekitar 8 liter terkuras semua. 

"Jadi bener-benar bersih, karena kotoran di dasar dan melekat di komponen ikut terbuang," jelas Roni. Agar prosesnya sempurna, Astra Peugeot menggunakan prosedur perawatan standar tinggi, dengan menggunakan alat bernama Flush Autogearbox. 

Menariknya, saat ini Astra Peugeot juga menawarkan program ‘Paket Diskon 15% Flush Matic Peugeot’ yang berlaku sejak awal Januari hingga berakhir bulan Maret yang berlaku di cabang Astra Peugeot Sunter, Cilandak, dan BSD.

"Inilah momen yang ditunggu para pengguna Peugeot bertransmisi otomatis atau matik. Awal tahun 2021, Astra Peugeot memberikan banyak sekali program spesial," pungkas Roni. (EPS)