Honda Berikan Tips 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Pertama

  • Oleh : ADV

Senin, 15/Feb/2021 10:23 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Membeli mobil untuk pertama kalinya tentu menjadi momen yang menyenangkan, namun juga perlu dipertimbangkan dengan matang. Membeli mobil, membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu kawan SoundandMachine harus lebih cermat.

Guna memastikan pembelian mobil dengan harga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, berikut adalah tips dari Honda mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil untuk yang pertama kalinya:

Baca Juga:
PEVS 2024: Tampilkan Omoda E5, Chery Tunjukkan Keseriusan Memasarkan Kendaraan Listrik

1. Tentukan Budget dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat mencari mobil, hal utama yang harus diperhatikan adalah menentukan berapa budget maksimal yang dimiliki untuk membeli mobil. Selain itu, kawan juga perlu mendefinisikan mobil seperti apa yang mampu menjawab kebutuhan. 

Baca Juga:
Ada Unit Test Drive-nya, Ini Dia Sederet Mobil Listrik Baru yang Akan Hadir di Pameran PEVS 2024

Contohnya, apabila konsumen seorang mahasiswa, pelajar atau keluarga muda, mobil dengan bangku dua baris dirasa lebih cocok untuk digunakan sehari-hari. Setelah itu, konsumen dapat mencari informasi mengenai mobil yang sesuai dengan kriteria.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

Sesuaikan dengan dana yang dimiliki

Informasi bisa dilihat di website resmi dan melakukan kunjungan ke diler resmi untuk melakukan test drive secara langsung, sehingga kawan dapat memutuskan mana mobil yang terbaik untuk dimiliki.

2. Cermati Skema Pembiayaan dan Program Penjualan yang Berlaku

Untuk mempertimbangkan biaya pembelian mobil, kawan SoundandMachine dapat mencermati setiap skema pembiayaan yang ditawarkan oleh ATPM. Perusahaan leasing biasanya mempunyai besaran bunga dan tenor yang berbeda-beda. 

3. Program Penjualan yang Berlaku

Kawan juga perlu mencermati program penjualan yang sedang berlaku di diler resmi. Program penjualan yang ditawarkan diler biasanya beragam, mulai dari bonus pembelian, diskon, skema pembiayaan, dan sebagainya. Dengan program penjualan yang tepat, pembelian mobil pertama akan lebih ringan dan menguntungkan. 

4. Perhatikan Aspek Purna Jual dan Biaya Perawatan

Selain harga beli, faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah layanan purna jual. Untuk pembeli mobil pertama, kemudahan dan biaya yang ringan untuk melakukan perawatan mobil tentu menjadi pertimbangan penting. 

Oleh karena itu, perlu dipastikan mobil pertama yang dipilih juga memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli yang memadai, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman sehingga kesehatan mobil tetap terjamin.

Perhatikan harga jual kembali

Kemudian, kawan juga perlu memperhatikan besaran biaya perawatan yang akan dibutuhkan selama memiliki mobil. Saat ini, banyak pabrikan yang telah memiliki paket servis yang dapat menghemat biaya perawatan mobil. 

5. Perhatikan Harga Jual Kembali

Harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli mobil, khususnya mobil pertama. Setelah memiliki mobil pertama, seiring waktu kawan mungkin berpikir untuk mengganti mobil ke model lain di atasnya, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting.

Kawan dapat melakukan pengecekan harga mobil seken di website marketplace yang banyak tersedia di internet, sehingga dapat mengetahui berapa kisaran harga jual kembali dari mobil yang hendak dibeli. 

Secara umum, popularitas sebuah merek mobil, kualitas dan daya tahan produk, desain yang tidak mudah ketinggalan jaman, dan dukungan jaringan diler yang kuat akan mendukung harga jual kembali dari suatu mobil. (EPS)