Semakin Racing, Porsche Resmi Hadirkan 911 GT3 Untuk Generasi 992

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 21/Feb/2021 18:19 WIB


SoundandMachine.com (Jerman), 16 Februari 2021 – Porsche secara resmi hadirkan varian yang dekat dengan motorsport dari 911 generasi kedelapan atau 992 yaitu Porsche 911 GT3.

 

Baca Juga:
Tawarkan Cicilan Terjangkau, Mandiri Utama Finance Jadi Mitra Resmi Pembiayaan Mobil Sport Porsche

(sumber: Porsche)

Baca Juga:
Hadir di GIIAS 2023, Porsche Indonesia Luncurkan Dua Model Baru Penakluk Segala Medan

911 GT3 sudah jauh lebih dari 911 Carrera yang “dimodifikasi” bahkan semakin racing karena teknologinya ditransfer langsung namun tetap ramah dan legal untuk pemakaian jalanan.

 

Baca Juga:
Rayakan 75 Tahun Eksistensi Mereknya, Porsche Indonesia Adakan Festival of Dreams

 

(sumber: Porsche)

Transfer teknologi tersebut dilakukan langsung oleh divisi balapnya yaitu Porsche Motorsport, seperti tata letak gardan depan double wishbone dan aerodinamika canggih dari sayap belakang model leher angsa serta diffuser memakai mobil balap Porsche 911 RSR.

 

 

(sumber: Porsche)

Kap depan material carbon fibre reinforced plastic, kaca jendela ringan cakram rem dioptimalkan, dan pelek alloy dibalut dengan opsional Michelin Pilot Sport Cup 2 R membuatnya lebih ringan sekaligus menapak.

 

 

(sumber: Porsche)

Gen balapnya semakin kentara dengan improvisasi kokpit, seperti layar track dengan satu sentuhan tombol agar mengurangi tampilan digital di kiri dan kanan, informasi seperti indikator tekanan ban, suhu oli dan air serta tangki bahan bakar, dan lampu shift untuk membantu waktu ganti gigi.

 

(sumber: Porsche)

Selain itu mesin flat-6 4.000 cc naturally-aspirated bertenaga maksimum 503 dk dan torsi 470 Nm dengan kemampuan beroperasi pada rpm tinggi berasal dari mobil balap Porsche 911 GT3 R yang telah teruji di sejumlah ajang balap ketahanan atau endurance, namun sudah standar emisi Euro 6.

 

Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis PDK 7-percepatan dan menariknya manual 6-percepatan GT-Sport konvensional tetap ada dan itu membuat bobot mobilnya 17 kg lebih ringan dibanding PDK yaitu 1.418 kg.

 

Transmisi manual tersebut, menurut klaim Porsche, juga membua top speed-nya lebih tinggi yaitu 320 km/jam, sedangkan PDK hanya sampai 318 km/jam.

 

(sumber: Porsche)

911 GT3 mampu meraih 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik untuk PDK serta 3,7 detik untuk manual, dan di Nurburgring bisa mencetak waktu 6 menit 59,927 detik sepanjang 20,8 km oleh pembalap Lars Kern.

 

(Joule)